Telkomsel hadirkan layanan M2M

id telkomsel, hadirkan layanan m2m

Telkomsel hadirkan layanan M2M

Telkomsel (Antarasumsel.com/Logo/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Telkomsel menghadirkan layanan `machine to machine` atau M2M terlengkap berupa solusi end-to-end yang menyediakan fleksibilitas control system untuk solution provider maupun pelanggan korporasi, sehingga mampu memenuhi segala kebutuhan pelanggan.

Segmen korporasi merupakan segmen yang perlu didukung perkembangannya di Indonesia, karena efek multiplier yang akan ditimbulkan bagi lingkungannya, kata Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga di Palembang, Kamis.

Menurut dia, perusahaan itu menghadirkan solusi M2M dengan berbagai pilihan teknologi yang terbaik dan ekosistem lebih lengkap, sehingga akan membantu pelanggan menjalankan bisnisnya secara lebih efektif, efisien dan mudah secara operasional akan meningkatkan produktivitasnya.

"Kami siap membantu perusahaan dan pelaku usaha di Indonesia untuk dapat lebih mengembangkan bisnisnya melalui solusi M2M kami didukung oleh Telkomsel M2M control center bekerja sama dengan Jasper yang telah dipercaya oleh lebih dari 2500 enterprise di dunia, dan Telkomsel M2M application platform dapat diandalkan" katanya.

Ia mengatakan, penggunaan solusi M2M terus berkembang seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi mobile untuk melakukan komunikasi antara aset maupun perangkat bisnis dari area manapun.

Penggunaan M2M secara efektif akan mengurangi biaya produksi dan operasional, meningkatkan akses (layanan) terhadap suatu informasi dan menambah pilihan produk yang ditawarkan.

Ia menyatakan, perusahaan telah siap menawarkan M2M solusi untuk memenuhi kebutuhan bisnis operasional bagi pelanggan korporasi dan siap menggandeng partner solusi dan device untuk menggunakan Telkomsel M2M platform, yakni Control Center dan Application Platform.

Ia berharap, dengan menyediakan ekosistem M2M secara utuh, perusahaan turut mendukung partner solusi lokal untuk lebih variatif menawarkan berbagai jenis solusi M2M yang sangat dibutuhkan oleh korporasi di Indonesia.

Hal tersebut didukung oleh jaringan yang handal berupa 83,000 BTS (Base Tranceiver Station) dan SIM card didesain khusus untuk menunjang bisnis M2M telah diuji pada kondisi sangat ekstrim, yakni di suhu -40 C sampai 105 C.

Untuk peluncuran resmi layanan M2M sudah dilakukan di Jakarta yang ditandai dengan penandatanganan kerja sama maupun MoU (Memorandum of Understanding) oleh Telkomsel dengan beberapa pihak, antara lain dalam hal M2M dengan Bank Rakyat Indonesia, LIPI, PINS Indonesia, Ghuroba Madani dan FEC Solution, serta untuk Telkomsel Corporate Business Solution dengan Astra International dan Asuransi Astra, katanya.