Stok beras OKU cukupi hingga akhir 2015

id beras, stok beras bulog

Stok beras OKU cukupi hingga akhir 2015

Beras tersedia di gudang bulog (FOTO ANTARA)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Stok beras untuk wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu Induk, OKU Timur dan OKU Selatan, Sumatera Selatan, mencukupi hingga Desember 2015, karena pihak Bulog Sub Divisi Regional III OKU saat ini memiliki persediaan mencapai 12.000 ton.

Kepala Perum Bulog Subdivre III Ogan Komering Ulu (OKU), Meizarani di Baturaja, Jumat, mengatakan, sampai saat ini stok beras yang tersimpan di gudang Bulog sebanyak 12.000 ton, atau mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di tiga kabupaten itu sampai Desember 2015.

Bahkan saat ini Bulog OKU juga mendistribusikan 1.000 ton beras ke Kabupaten Lahat untuk menyangga stok beras di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali).

Begitu juga dengan Prabumulih, Muaraenim, Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang ikut merasakan suplai beras dari OKU, katanya.

Sementara, dari rencana 1.000 ton beras yang akan didistribusikan kepada kabupaten tetangga, maka hari ini sudah bisa direalisasikan 120 ton beras," katanya dan menambahkan rencana pendistribusian 1.000 ton beras ke Kabupaten Lahat ini diluar 12.000 ton stok untuk OKU.

Oleh karena itu, kata dia, tidak ada alasan masyarakat di OKU Raya harus khawatir, sebab Bulog selaku badan peyangga beras menjamin ketersediaan di OKU, OKU Timur dan OKU Selatan.

Ia menjelaskan, pihaknya juga meluncurkan beras peremium Cap Gending Sriwijaya yang diproduksi oleh Unit Bisnis Produk Gabah Beras yang pabriknya berlokasi di Martapura, Belitang dan Jatimulyo.

Beras Cap Gending Sriwijaya ini dilepas dengan harga Rp8.800/kg atau jauh di atas harga merek lainnya dengan kualitas yang sama.

"Beras ini cukup diminati konsumen karena rasanya yang pulen dan aromanya yang khas," katanya.

Saat ini beras tersebut sudah memiliki pangsa pasar yang tetap yakni di Perkebunan Kelapa Sawit Mitra Ogan, PT Semen Baturaja, RSUD Dr Ibnu Sutowo Baturaja, dan RS Antonio Baturaja.

Selain itu Bulog juga melayani pembelian dalam pertai besar di pasaran Kota Baturaja dan sekitarnya. Bahkan, sudah mulai masuk swalayan di Palembang.

"Setiap bulannya Bulog OKU melepas sekitar 175 ton beras cap Geding Sriwijaya. Ke depan akan digarap sejumlah swalayan di Kota Baturaja untuk memasarkan beras premium produk daerah sendiri ini," ujarnya.