KPU Musirawas bentuk Seretariat KPU Muratara

id pembentukan sekretariat kpu muratara, sekretariat, pilkada muratara, pemilihan kepala daerah defenitif, defenitif

KPU Musirawas bentuk Seretariat KPU Muratara

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

...Keberadaan KPU di Kabupaten Muratara itu sudah sangat mendesak karena akan melakukan proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati definitif pada 2015...
Musirawas (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, mulai membentuk Sekretariat Komisi Pemilihan Umum di daerah hasil pemekaran, Musirawas Utara (Muratara), untuk mempersiapkan pemilihan kepala daerah defenitif pada 2015.

Pembentukan sekretariat itu langkah awal pembentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Kabupaten Muratara dan akan didefenitifkan setelah ada persetujuan dari KPU Provinsi Sumatera Selatan, kata Komisioner KPU Musirawas, Dasril Ismail, Sabtu.

Ia mengatakan pembentukan KPU Kabupaten Muratara itu masih dalam tahap persiapan dan akan dikoordinasikan dengan KPU provinsi untuk didefinitifkan.

Keberadaan KPU di Kabupaten Muratara itu sudah sangat mendesak karena akan melakukan proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati definitif pada 2015 karena masa jabatan pelaksana tugas bupati di kabupaten pemekaran itu sudah berakhir.

Pembentukan KPU itu akan diserentakkan dengan pembentukan DPRD dan harus sudah rampung dalam tahun 2014 karena pada anggaran 2015 semua organisasi itu ditargetkan sudah harus berjalan.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Muratara terkait rencana pembentukan KPU tersebut dan saat ini sudah disediakan lahan untuk gedung sekretariat KPU tersebut," ujarnya.

Penjabat Bupati Muratara Akisropi Ayub melalui Kepala Kesatuan Bangsa Politik dan Lingkungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Ahmad Topan membenarkannya akan dibentuk KPU tersendiri di wilayah itu.

"Saat ini kita mengusulkan pembentukan sekretariatnya ke kabupaten induk Musirawas dan KPU Provinsi Sumatera Selatan," katanya.

Untuk kepastian pembentukan organisasi KPU definitif itu belum tahu karena saat ini masih tahap mengusulkan pembentukan sekretariatnya dan semua itu tergantung dari kebijakan dan keputusan KPU provinsi, tuturnya.

Kabupaten Muratara menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) pada akhir 2013 hingga saat ini bupatinya masih dijabat pelaksana tugas Akisropi Ayub, setelah ditunjuk oleh Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin pada Desember 2013.