Pemko Palembang harus perhatikan saluran antisipasi banjir

id saluran air, pembersihan saluran air

 Pemko Palembang harus perhatikan saluran antisipasi banjir

Pembersihan saluran air (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Anggota DPRD Sumatera Selatan mengatakan pemerintah Kota Palembang supaya memperhatikan saluran air mana saja yang masih tersumbat dalam menghadapi musim hujan saat ini untuk mengantisipasi banjir.

"Saat musim hujan sekarang ini terlebih dahulu pemerintah kota harus melihat saluran air mana saja yang tersumbat," kata Anggota DPRD Sumatera Selatan, Husni Thamrin ketika ditanya mengenai antisipasi banjir dalam menghadapi musim hujan di Palembang, Minggu.

Menurut dia, banjir di Kota Palembang seringkali terjadi, karena tersumbatnya saluran-saluran drainase.

Karena itu, lanjutnya, pemerintah kota melalui camat atau petugas-petugas berwenang untuk mengecek simpul yang menjadi sumbatan.

Kemudian melakukan sosialisasi ke masyarakat mengenai jangan membuang sampah sembarang, katanya.

Ia mengatakan, untuk melakukan sosialisasi ini jangan hanya mengandalkan lurah saja, tetapi melibatkan semua pihak seperti lembaga-lembaga sosial lainnya yang mau bersama mensosialisasikan ke masyarakat.

Sementara mengenai sanksi, ia menyatakan, pada gilirannya harus diberikan penerapan sanksi terhadap para pelanggar misalnya mereka yang membuang sampah sembarangan.

Bagi yang tertangkap tangan dipublikasikan sebagai akibat melanggar peraturan daerah, sehingga memberikan efek jera, ujarnya.

Ia menuturkan, di kota itu sudah ada peraturan daerahnya yang mengatur tentang larangan membuang sampah sembarangan dan bisa dilaksanakan. Tinggal komitmen kesungguhan dalam menerapkannya, katanya.