Peserta adu karya di Sumsel film festival

id film, kegiatan film festival di palembang

Peserta adu karya di Sumsel film festival

Kegiatan film festival berlangsung di Palembang, Rabu (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Puluhan sineas dan komunitas film di Sumatera Selatan beradu karya pada kompetisi film Sumsel Art Film Festival berlangsng di Palembang, Rabu.

"Sebanyak 23 karya yang sudah masuk ke panitia," kata panitia penyelenggara dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Haikal Agung Indrajaya di Palembang, Rabu.

Menurut dia, jumlah tersebut dirasa cukup menunjukkan animo sineas di Sumsel yang luar biasa terhadap kompetisi ini.

"Waktu yang kami sediakan hanya dua bulan dari pertengahan Agustus sampa awal November, jadi karya yang masuk patut diacungi jempol," ujar dia.

Sementara, tema yang diberikan penyelenggara "Mata Air Seni Sumsel" menurutnya berhasil digarap sineas dengan cukup baik, terlihat dari karya dan kemasan dihasilkan peserta.

Para peserta nantinya akan dipilih 21 karya yang akan menerima bantuan pembuatan.

"Jumlahnya tidak banyak tapi menjadi apresiasi kami penyelenggara terhadap karya yang masuk," ungkap dia.

Kemudian di antaranya akan dipilih sembilan karya yang akan dinominasikan untuk penganugerahan Sumsel Art Film Festival pada 3 Desember mendatang.

Para pemenang kompetisi ini nantinya akan terbagi menjadi dua kategori yaitu pelajar dan umum.

Pemenang akan memperebutkan hadiah utama Rp12 juta bagi kategori Umum dan Rp7.000.000 untuk kategori pelajar serta piala penghargaan dari Disbudpar Sumsel.

"Karya peserta saat ini tengah melalui proses penilaian dan akan diumumkan pada tanggal 28 November mendatang," ujarnya.

Dari 23 peserta yang ada akan dipilih sembilan nominasi yang akan melalui proses karantina berupa workshop dan diskusi peserta bersama pakar sineas Indonesia.

Para juri dari kompetisi ini antara lain Budayawan Sumsel Erwan Suryanagera, Pakar film, dan lainnya.