Gunung Dempo Sumsel penghasil buah strawberry

id strawberry, penghasil buah strawberry

Gunung Dempo Sumsel penghasil buah strawberry

Kota Pagaralam penghasil kebun buah strawberry (Oleh Evan Ervani)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Lereng Gunung Dempo di Wilayah Kota Pagaralam Sumatera Selatan merupakan daerah selain memproduksi teh, juga terdapat perkebunan penghasil buah strawberry yang dijadikan usaha masyarakat petani dalam menumbuhkan perekonomian warga setempat.

Perkebunan strawberry terletak di lereng Gunung Dempo yang mampu menjadi komoditas penghasil masyarakat setempat dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi daerah, kata Aceng (45) petani di Kota Pagaralam, Kamis.

Strawberry merupakan salah satu buah yang memiliki bentuk cukup unik, yaitu mengerucut ke bawah dengan adanya bintik-bintik . Buah strawberry memiliki warna merah menyala ini memiliki rasa manis dan sedikit masam.

Buah strawberry masuk ke dalam genus Fragaria dan keluarga Rosaceae . Secara umum buah strawberry bukanlah buah, melainkan buah palsu, artinya daging buahnya tidak berasal dari ovari tanaman (achenium) tapi dari bagian bawah hypanthium yang berbentuk mangkok

tempat ovari tanaman itu berada.

Menurut Aceng, selain memiliki rasa yang enak, buah strawberry mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin penting yang diperlukan tubuh, seperti vitamin B1, B2 dan K, mangan, asam pantotenat, yodium, biotin, dan asam folat.

Selain itu buah strawberry ini juga banyak mengandung vitamin C . Strawberry merupakan salah satu sumber dari vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan . Dalam satu gelas strawberry, mengandung RDA vitamin C sebanyak 136 persen, ini dapat membuktikan bahwa kandungan vitamin C dalam buah strawberry cukup banyak.

"Vitamin C dalam buah strawberry bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi di dalam tubuh kita," katanya.

Menurut dia, selain untuk mencukupi kebutuhan para tamu yang menginap di villa, para petani juga menjual hasil panen buah strawberry ke luar seperti pasar dan perkantoran, atau diolah menjadi dodol, sehingga memiliki nilai jual tinggi.

Sedangkan untuk bibit, didatangkan dari Kota Bandung (Jawa Barat) dengan harga Rp5.000 per batang.

Sementara, petani lainnya mengaku hasil panen buah strawberry cukup lumayan dalam membantu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, sehingga dapat menciptakan sebuah komoditi daerah mampu bersaing dengan hasil buah yang sama dari daerah lain.