Pejabat SAR: kabupaten perlu miliki Posko SAR

id sar, posko sar

Pejabat SAR: kabupaten perlu miliki Posko SAR

Basarnas (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kabupaten dan kota di Sumatera Selatan perlu memiliki posko Search and Rescue atau SAR untuk penyelamatan bila terjadi bencana yang datangnya tanpa diduga, kata Kepala Kantor SAR Palembang Jumaril.

Posko penyelamatan itu penting dimiliki kabupaten dan kota agar dapat secepatnya membantu warga bila terjadi bencana, kata Jumaril di Palembang, Kamis.

Untuk sementara ini baru Kota Pagaralam yang memiliki posko dan kedepan akan di bentuk di seluruh daerah di Sumsel, katanya.

Menurut dia, pihaknya berencana dalam waktu dekat akan mendirikan posko SAR di Kabupaten Banyuasin dan Kota Lubuklinggau.

Kesemuanya itu dilakukan supaya bila terjadi hal tidak diinginkan secepatnya dapat diantisipasi, ujar dia.

Dijelaskannya, dalam membantu menyelamatkan warga bila terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor termasuk gempa bumi, pihaknya menyiagakan anggota petugas selama 24 jam.

Selain itu menyiapkan peralatan seperti perahu karet yang setiap saat siap digunakan.

Bahkan, pihaknya juga telah melatih masyarakat dalam mengantisipasi serta upaya penyelamatan korban bila terjadi bencana.

Masyarakat yang dilatih antara lain warga pesisir tinggal di bantaran Sungai Musi Palembang, karena wilayah perairan rawan kecelakaan.

Yang jelas dengan dilaksanakan pelatihan minimal mereka dapat membantu masyarakat sekitar bila dibutuhkan.