Kapolda minta Polres OKU tekan angka kriminalitas

id kapolda, kapolda sumsel

Kapolda minta Polres OKU tekan angka kriminalitas

Kapolda Sumsel melakukan kunjungan kerja ke Polres OKU di Baturaja, Kamis (Foto: antarasumsel.com/14/Edo Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof DR Iza Fadri meminta kepada jajaran Polres Ogan Komering Ulu untuk menekan angka kriminalitas dan peredaran narkoba di wilayah itu.

Hal itu disampaikan Kapolda saat melakukan silaturahim dengan Pelaksana tugas Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Kuryana Aziz bersama Ketua DPRD Drs Johan Anuar, Kapolres OKU AKBP Mulyadi, serta sejumlah tokoh masyarakat lainnya di Gedung Kesenian Baturaja, Kamis.

Kapolda dalam kesempatan itu memberikan arahan khusus kepada Kapolres OKU untuk meminimalisir angka kriminalitas seperti melakukan pemberantasan narkoba dengan cara memutus mata rantai peredarannya, serta melakukan pembersihan narkoba di jajaran Polres.

"Saya minta kepada Kapolres juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk secara berangsur meninggalkan kebiasaan membawa senjata tajam, sebab kebiasaan tersebut dapat memicu terjadinya kriminalitas adanya kesempatan untuk melakukan tindak kejahatan," kata Kapolda.

Sementara, Kapolda juga mengapresiasi upaya jajaran Polres OKU dalam melakukan pemberantasan narkoba, namun selama ini penangkapan pelaku pengedar baru sebatas pemakai saja sehingga tidak memberikan dampak terhadap mata rantai peredaran barang haram tersebut.

"Pengedar dan bandar harus menjadi prioritas dalam pemberantasan narkoba. Kapolres OKU juga harus melakukan pembersihan di jajarannya dangan cara melakukan tes urine dan tes rambut. Jika ada yang terbukti harus ditindak tegas," katanya.

Kapolres OKU, AKBP Mulyadi menyampaikan kepada Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof DR Iza Fadri, terkait kondisi wilayah hukum Polres OKU dalam keadaan aman terkendali.

"Kondisi kamtibmas wilayah Hukum Polres OKU cukup kondusif, tidak ada ancaman yang serius, baik itu ancaman perpecahan masyarakat maupun ancaman kamtibmas," jelas Mulyadi dalam laporannya.

Dikesempatan itu juga, Kapolres OKU memperkenalkan potensi Kabupaten OKU, dimana potensi sumber daya alam yang dimiliki cukup kaya dan beragam baik di sektor pertambangan seperti migas dan batu bara.

"Potensi alam OKU cukup kaya, dari minyak bumi, gas dan bebatuan, seperti batu bara sampai batu akik. Kalau berkunjung ke sini tetapi belum melihat potensi batu akik, serta batu sungai, maka rasanya belum sempurna kunjungan itu," ujarnya.