KPK temukan uang puluhan juta di sel tahanan

id kpk, johan budi

KPK temukan uang puluhan juta di sel tahanan

Juru Bicara KPK Johan Budi (FOTO ANTARA)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemberantasan Korupsi menemukan uang puluhan juta rupiah dalam ruang tahanan saat inspeksi mendadak, sebagian uang tersebut ditemukan di tempat-tempat tersembunyi seperti ember dan rak penyimpanan.

"Uang yang ditemukan rutan KPK di gedung KPK yaitu ada di sel Anas Urbaningrum sebesar Rp900 ribu, Gulat Manurung Rp902.400, Mamak Jamaksari Rp106.000, Teddu Renyut R[400 ribu. uang tunai milik tahanan  yang wanita, yaitu Susi tur Andayani Rp1,9 juta, Nur Latifah Rp100, uang tunai di rutan KPK di Denpom Guntur milik Tubagus Chaeri Wardana Rp18,205 juta, Heru Sulaksanono Rp5,139 juta, Budi Mulya Rp3,4 juta, Ade Swara Rp2,45 juta, Anas Maamun Rp2,1 juta, Romi Herton Rp1,55 juta, Tafsir Nurhamid Rp1,3 juta, Yesaya Sombuk Rp1,074 juta, Syahrul Sempurnajaya Rp700 ribu, Andi Malarangneg Rp700 ribu, Budi Susanto 600 ribu," kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Kamis.

Sidak tersebut dilakukan pada 15 Oktober 2014.

"Selanjutnya uang tunai tanpa pemilik yang di ember di rutan Guntur sebesar Rp 25 juta, dan juga  di dalam buku Dzikir sebesar Rp3,15 juta," tambah Johan.

Masih ada uang yang ditemukan di bawah kasur di ruang tahanan kamar nomor 6 sebesar Rp1 juta.

Selain uang, KPK juga menemukan buku namun sesungguhnya isi buku tersebut menjadi tempat penyimpangan barang tertentu, telepon selular yang disimpan di plastik dan ditanam di tanah di depan sel tahanan hingga uang yang disembunyikan di rongga tiang plastik rak penyimpangan tahanan.

"Uang yang tidak bertuan disita KPK," tambah Johan.

Atas penemuan itu, KPK memperketat aturan pemberian barang kepada tahanan.