Pemkab OKU bangun jalan lingkar atasi kemacetan

id jalan, jalan lingkar, macet, pemkab oku

Pemkab OKU bangun jalan lingkar atasi kemacetan

Ilustrasi - Salah satu bagian proyek pembangunan jalan layang simpang Jakabaring Palembang, Senin (17/6). (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Baturaja (ANTARA Sumsel) -  Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, akan membangun jalan lingkar dari Simpang Empat Sukajadi hingga kawasan Kelurahan Sepanjang Lawang Kulon untuk mengurangi kepadatan dan kemacetan arus lalu lintas kendaraan di dalam Kota Baturaja.

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melalui Dinas PU Bina Marga setempat pada tahun 2015 memprogramkan pembangunan jalan lingkar tersebut, kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga OKU, H Helman di Baturaja, Jumat.

Menurut dia, untuk merealisasikan pembangunan itu perlu dilakukan survei dan kajian yang mendalam, seperti dari sisi peningkatan ekonomi dan sosial lainnya.

"Kaitan dari sisi pembiayaan yang efektif dan efisien sehingga mampu memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat OKU," katanya.

Selain itu,lanjut Helman, pihaknya juga akan membangun jembatan layang yang menghubungkan antara Jembatan Layang dan Jembatan Ogan II.

Hal tersebut diperlukan mengingat arus lalu lintas di simpang empat Sukajadi di antara Jembatan Ogan II dan Jembatan Layang sudah tidak nyaman lagi, karena pada jam-jam tertentu sering terjadi macet, katanya.

"Untuk menunjang kelancaran arus lalu lintas kendaraan di dalam kota, saya menilai bahwa pembangunan jembatan layang itu perlu dilakukan," ujarnya.