Tarif kapal cepat Palembang-Bangka naik

id tarif pelayanan jasa kapal cepat, kepal cepat, jetfoil, naik, tarif, tarif tiket naik, tiket naik, kapal

Tarif kapal cepat Palembang-Bangka naik

Kapal cepat (jetfoil) rute Palembang-Bangka. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Kami terpaksa menaikkan tarif jasa pelayanan untuk mengimbangi membengkaknya biaya operasional dampak kenaikan harga BBM...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Tarif pelayanan jasa angkutan kapal cepat tujuan Palembang-Bangka mengalami kenaikan berkisar Rp15.000 hingga Rp20.000 dari kondisi sebelumnya.

Tarif jasa angkutan kapal cepat mulai dinaikkan terhitung 21 November 2014 untuk mengimbangi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang telah mempengaruhi biaya operasional, kata Robin, petugas penjualan tiket Kapal Cepat Express Bahari di Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru Palembang, Senin.

Tarif kapal cepat Express Bahari untuk kelas VIP dewasa yang sebelumnya Rp285.000 kini naik menjadi Rp300.000 dan anak-anak dari Rp245.000 naik menjadi Rp260.000 per orang satu kali jalan.

Sedangkan tiket kelas eksekutif dewasa dari Rp240.000 naik menjadi Rp265.000 dan anak-anak dari Rp200.000 menjadi Rp215.000, serta kelas bisnis/ekonomi dewasa dari Rp205.000 naik menjadi Rp225.000 dan anak-anak dari Rp165.000 menjadi Rp185 per orang, katanya.

Dia menjelaskan, setelah ditetapkannya kenaikan harga BBM bersubsidi oleh pemerintah pada bulan lalu, biaya operasional langsung bergerak naik karena kenaikan harga bahan bakar mempengaruhi kenaikan harga barang lainnya.

"Kami terpaksa menaikkan tarif jasa pelayanan untuk mengimbangi membengkaknya biaya operasional dampak kenaikan harga BBM," ujarnya.

Kenaikan tarif pelayanan jasa kapal cepat tersebut secara umum hingga kini belum mempengaruhi tingkat muatan penumpang.

"Kondisi ini diharapkan tetap tidak mempengaruhi jumlah penumpang yang akan melakukan perjalanan ke Pulau Bangka dan sebaliknya ke Kota Palembang," katanya.

Sementara petugas Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Palembang, Apran mengatakan, dalam kondisi sekarang ini jumlah pengguna jasa angkutan kapal di Pelabuhan Boom Baru Palembang dan sebaliknya cukup normal.

"Kanaikan tarif pelayanan jasa sepertinya tidak mempengaruhi arus penumpang dan barang melalui kapal cepat Palembang - Bangka, bahkan trennya menunjukkan sedikit peningkatan menjelang libur akhir tahun ini," ujarnya.

Untuk menghadapi peningkatan jumlah penumpang, dua perusahaan penyedia jasa angkutan kapal cepat seperti Express Bahari dan Sumber Bangka yang pada kondisi normal mengoperasikan satu unit kapal telah menyiapkan armada cadangan jika sewaktu-waktu jumlah penumpang membludak, ujarnya.