POM ASEAN - Indonesia berpeluang rebut kembali posisi puncak klasemen

id aug, pom asean, klasemen, klasemen sementara pom asean, pesta olahraga mahsiswa se asia tenggara, asean university games, aug ke 17

POM ASEAN - Indonesia berpeluang rebut kembali posisi puncak klasemen

Maskot POM ASEAN XVII 2014 Palembang - Bona (Antarasumsel.com/Logo/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Tim tuan rumah Indonesia berpeluang merebut kembali posisi puncak klasemen ASEAN University Games (POM ASEAN) karena masih terdapat puluhan medali lagi yang akan diperebutkan sebelum acara penutupan event tersebut pada 21 Desember 2014.

Berdasarkan data resmi klasemen yang dipublikasikan Pusat Informasi ASEAN University Games (AUG) ke-17 di Palembang, Kamis, tim Indonesia berhasil memperkecil ketinggalan jumlah perolehan medali emas atas tim Thailand yang kini berada di posisi puncak klasemen.

Tim Indonesia yang pada awal pelaksanaan Pesta Olahraga Mahasiswa se-Asia Tenggara (POM ASEAN) itu sempat berada di peringkat pertama kini berupaya merebut kembali posisi puncak yang sempat diambil tim Thailand dengan berupaya mengejar ketinggalan tiga medali emas.

Tim Thailand masih berada pada puncak klasemen POM ASEAN dengan perolehan medali 35 emas, 18 perak, dan 15 perunggu, sedangkan Indonesia menduduki posisi kedua dengan perolehan medali (32 emas, 46 perak, 24 perunggu), dan posisi ketiga diduduki kontingen Malaysia dengan perolehan medali (19 emas, 21 perak, 26 perunggu).

Sedangkan peringkat keempat ditempati Vietnam dengan perolehan medali 14 emas, dan 4 perak, peringkat kelima ditempati Filipina dengan perolehan medali 7 emas, 7 perak, dan 8 perunggu, dan peringkat keenam ditempati kontingen Laos dengan perolehan medali 4 emas, 6 perak, dan 11 perunggu,

Sementara kontingen Kamboja dan Brunei Darussalam hingga hari ketujuh pelaksanaan Pesta Olahraga Mahasiswa se-Asia Tenggara itu, masih belum berhasil meraih satupun medali.

Dari 11 kontingen yang mengikuti POM ASEAN di Palembang yang dijadwalkan berlangsung pada 10-21 Desember 2014 itu, kontingen kedua negara tersebut belum memperoleh satupun medali dari 20 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Berikut ini perolehan medali dan peringkat sementara 11 negara peserta Pesta Olahraga Mahasiswa se-Asia Tenggara (POM ASEAN) 2014 :

     Negara      Emas      Perak     Perunggu

1. Thailand          35           18             15

2. Indonesia        32           46              24

3. Malaysia         19           21              26

4. Vietnam          14            4                0

5. Filipina            7              7                8

6. Laos               4              6               11

7. Singapura        3              4                8

8. Myanmar         0              4              10

9. Timor Leste      0              0               1

10. Brunei            0              0               0

11. Kamboja        0              0               0

Medali tersebut diperoleh dari beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan di POM ASEAN Palembang, Sumatera Selatan, pada 10-21 Desember 2014, seperti sepakbola, sepaktakraw, atletik, anggar, voli pantai, wushu, taekwondo, panahan, karate, catur, tenis lapangan, tenis meja, dan voli pantai.