POM ASEAN - Indonesia rebut kembali posisi puncak klasemen

id tim indonesia, tuan rumah, rebut kembali posisi puncak klasemen, klasemen asean university games, aug, pom asean

POM ASEAN - Indonesia rebut kembali posisi puncak klasemen

Ilustrasi - Atlet Indonesia meraih medali POM ASEAN di Palembang. (Foto Antarasumsel.com/Fenny Selly/14)

...Tim Indonesia berhasil menggeser posisi Thailand yang sebelumnya berada pada posisi puncak klasemen...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Tim tuan rumah Indonesia berhasil merebut kembali posisi puncak klasemen ASEAN University Games (POM ASEAN) setelah memenangkan sejumlah pertandingan di kawasan kompleks pusat olahraga Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan, Kamis.

Berdasarkan data yang dipublikasikan Pusat Informasi ASEAN University Games (AUG) ke-17 di Palembang, Kamis malam, tim Indonesia berhasil menggeser posisi Thailand yang sebelumnya berada pada posisi puncak klasemen.

Tim Indonesia yang pada awal pelaksanaan Pesta Olahraga Mahasiswa se-Asia Tenggara (POM ASEAN) itu sempat berada di peringkat pertama, namun digeser Thailand dan kini kembali direbut setelah mendulang 12 medali emas yang sebelumnya ditargetkan cukup memperoleh tiga medali emas untuk menggeser posisi negeri gajah putih itu.

Tim Indonesia berada pada puncak klasemen POM ASEAN dengan perolehan medali 44 emas, 57 perak, dan 34 perunggu, sedangkan Thailand turun peringkat ke nomor dua dengan perolehan medali (38 emas, 26 perak, 18 perunggu), dan peringkat ketiga tetap dipegang kontingen Malaysia dengan perolehan medali (29 emas, 26 perak, 39 perunggu).

Sedangkan peringkat keempat ditempati Vietnam dengan perolehan medali 19 emas, 7 perak, dan 2 perunggu, peringkat kelima ditempati Filipina dengan perolehan medali 8 emas, 8 perak, dan 11 perunggu, serta peringkat keenam ditempati kontingen Laos dengan perolehan medali 5 emas, 8 perak, dan 11 perunggu.

Sementara kontingen Kamboja yang sebelumnya bersama Brunei Darussalam belum pernah menang dalam pertandingan event tersebut, kini berhasil meraih satu medali perak.

Dengan keberhasilan Kamboja meraih medali perak, hingga hari kedelapan pelaksanaan Pesta Olahraga Mahasiswa se-Asia Tenggara itu, kontingen Brunei Darussalam satu-satunya peserta dari 11 negara yang belum berhasil meraih satupun medali dari 20 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Berikut ini perolehan medali dan peringkat sementara 11 negara peserta Pesta Olahraga Mahasiswa se-Asia Tenggara (POM ASEAN) 2014 :

Negara          Emas     Perak     Perunggu

1. Indonesia      44        57           34

2. Thailand        38       26            18

3. Malaysia       29       26            39

4. Vietnam        19         7              2

5. Filipina            8         8            11

6. Laos               5         8            11

7. Singapura        4         6            11

8. Myanmar         0         3           10

9. Kamboja         0         1             0

10. Timor Leste    0         0            1

11. Brunei            0        0             0

Medali tersebut diperoleh dari beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan di POM ASEAN Palembang, Sumatera Selatan, pada 10-21 Desember 2014, seperti sepakbola, sepaktakraw, atletik, anggar, voli pantai, wushu, taekwondo, panahan, karate, catur, tenis lapangan, tenis meja, dan voli pantai.