Pemprov bantu bebaskan lahan waduk sungai Bendung

id waduk, pompa air, sungai musi, kolam, kolam retensi, pemprov sumsel, lahan,

Pemprov bantu bebaskan lahan waduk sungai Bendung

Ilustrasi - Pembangunan kolam retensi di Kota Palembang (Foto Antarasumsel.com/Nila Ertina)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan membantu dana pembebasan lahan untuk pembangunan pompa air dan waduk Sungai Bendung Palembang.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai VIII Bistok Simanjuntak kepada wartawan di Palembang, Jumat, mengatakan, pihaknya akan membangun pompa air dan kolam retensi atau waduk di wilayah sungai Bendung Palembang, karena Pemprov Sumsel akan membantu untuk pembebasan lahan.

"Untuk pembebasan lahannya dibantu pemerintah setempat karena kami hanya membangun fisik," ujar dia.

Pembangunan pompa air dan kolam retensi itu guna mengantisipasi bencana alam banjir yang sering terjadi dalam kurun beberapa tahun terakhir ini.

Apalagi daerah yang akan dibangun pompa dan kolam itu rawan banjir sehingga perlu diantisipasi.

Bahkan, pihaknya juga akan membangun kolam retensi di Sungai Buah dan Simpang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Menurut dia, wilayah Sumsel termasuk salah satu daerah rawan bencana alam banjir karena sungai Musi sepanjang 680 kilometer tidak mampu lagi menampung air bila musim hujan akibat terjadi pendangkalan.

Bahkan, air sungai Musi yang mengalir ke muara Selat Bangka bila musim ombak air tidak bisa masuk.

Begitu pula air sungai lainnya seperti Lematang, Ogan, dan Komering semuanya mengalir ke Sungai Musi sehingga bila musim hujan air meluap.

Oleh karena itu masyarakat perlu berhati-hati dan tidak mendirikan bangunan disepanjang bantaran sungai agar tidak terkena banjir, tambah dia.