BMKG: sebagian besar wilayah Sumsel hujan sedang

id hujan, wilayah sumsel sebagain besar hujan sedang, bmkg, prakirakan hujan sedang, hujan guyur sumsel, waspada banjir

BMKG: sebagian besar wilayah Sumsel hujan sedang

Ilustrasi - Sejumlah kendaraan melintasi genangan air hujan di salah satu ruas jalan di Kota Palembang. (Foto Antarasumsel.com/14/Awi)

...Berdasarkan pengamatan melalui satelit cuaca, hari ini 14 kota diprakirakan hujan sedang, dan tiga kota lainnya hujan dengan intensitas ringan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebagian besar wilayah Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu diprakirakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika berpeluang hujan dengan intensitas sedang.

"Berdasarkan pengamatan melalui satelit cuaca, hari ini 14 kota diprakirakan hujan sedang, dan tiga kota lainnya hujan dengan intensitas ringan," kata Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten BMKG Sumsel Indra Purnama di Palembang, Senin.

Menurutnya, ke-14 kota yang diprakirakan hujan sedang yakni Kota Baturaja, Muaranim, Pali, Lahat, Musirawas, Musirawas Utara, Sekayu, Pangkalanbalai, Martapura, Muaradua, Indralaya, Tebingtinggi, Pagaralam, dan Lubuklinggau.

Kota yang diprakirakan hujan sedang itu memiliki suhu udara berkisar 23-31 derajat Celsius, kelembapan udaranya berkisar 63-98 persen, kecepatan angin sekitar 25-30 kilometer per jam, dengan arah angin daerah ini seluruhnya menuju barat laut.

Kemudian ketiga kota di Sumsel lainnya yang diprakirakan berpeluang hujan ringan yakni Kota Kayu Agung, Prabumulih, dan Palembang.

Kota yang diprakirakan hujan ringan itu memiliki suhu udara berkisar 24-32 derajat Celsius, kelembapan udara berkisar 62-98 persen, kecepatan angin sekitar 25 km/jam dengan arah angin daerah ini menuju barat laut.

Wilayah provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu, memasuki musim hujan Desember 2014 intensitas curah hujan terus mengalami penigkatan

Peluang hujan terjadi pada sore hingga malam hari dengan intensitas curah hujan pada bulan ini diperkirakan mencapai 150-351 milimeter, melihat tingginya intensitas curah hujan tersebut masyarakat diimbau agar mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor, ujar Indra.

Sebelumnya Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Sumsel M.S Sumarwan mengatakan, untuk menghadapi musim hujan selama enam bulan ke depan, pihaknya berupaya menyiapkan bantuan tanggap darurat berupa bahan makanan dan peralatan evakuasi untuk membantu korban bencana dan mencegah timbulnya masalah sosial.

Selain itu, selaku koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana), pihaknya juga akan terus memfasilitasi 800 sukarelawan Tagana untuk siaga dan sewaktu-waktu diturunkan ke lokasi bencana membantu masyarakat, kata Sumarwan.