Puluhan kelompok ikuti festival rebana di OKU

id rebana, kelompok rebana

Puluhan kelompok ikuti festival rebana di OKU

Kegiatan lomba rebana (FOTO ANTARA)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 27 kelompok rebana dari berbagai desa dalam wilayah Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan mengikuti festival rebana dalam rangka menyambut Tahun Baru 2015.

"Acara tersebut bertujuan untuk memeriahkan peringatan tahun baru nantinya. Setiap juara satu, dua dan tiga akan mendapat uang pembinaan dan tropi," kata Kepala Unit Pelaksana Tehnis Daerah Museum Sipahit Lidah Gua Putri Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Riswan di Baturaja, Senin.

Riswan menambahkan, pemenang festival ini berkesempatan tampil pada pesta rakyat perayaan Tahun Baru 2015, tanggal 1 Januari mendatang di Gua Putri.

Di samping itu di Gua Putri nantinya akan dilakukan rangkaian acara pesta rakyat pada tahun baru 1 Januari 2015. Di sana ada nyanyi-nyanyian dan tari tradisional," kata Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisporabudpar) OKU, Aufa S Sarkomi menambahkan.

Aufa yakin, pengunjung tidak akan bosan, karena selain di dalam Gua Putri sudah dipersolek oleh lampu hias warna-warni, pihak Disporabudpar OKU juga akan menyediakan wahana air. Mereka menyiapkan perahu untuk pengunjung menikmati arus air Gua Putri.

"Selain itu kita dia, juga mengajak wahana permainan anak di Taman Kota Baturaja untuk membuka stan di Gua Putri yang sudah disediakan. Dengan demikian pengunjung tidak hanya bisa menikmati wisata alam Gua Putri dan Gua Silabe saja. Mereka juga bisa menikmati wahana permainan air dan permainan anak," katanya.

Aufa menambahkan, dengan adanya wahana permainan air dan anak-anak ini diharapkan jumlah pengunjung akan meningkat.

Jika pada 1 Januari 2014 tercatat 12 ribu orang pengunjung dari luar dan dalam kota. Maka di tahun ini mereka menargetkan pengunjung meningkat 10 persen lebih, atau puluhan ribu orang.

Sementara, biaya masuk Rp5.000 naik menjadi Rp10.000 per orang. Biaya ini untuk menutupi kos panitia dan keperluan lainnya.

Khususnya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah OKU, ujarnya.