Sementara empat jenazah lagi ditemukan

id airasia, jasad korban airasia

Sementara empat jenazah lagi ditemukan

Basarnas evakuasi empat lagi atau total sementara 16 jazad korban Airasia (FOTO ANTARA)

Pangkalan Bun (ANTARA Sumsel) - Empat kantong jenazah dan satu bungkusan pesawat AirAsia QZ 8501 tiba di Lanud Iskandar yang diangkut menggunakan UH60 Blackhawk US Navi milik Amerika Serikat dan langsung dibawa ke rumah sakit Sultan Imanudin Pangkalan Bun.

"Nanti saja sekalian jumpa pers ya, karena ada lagi yang akan diangkut. empat kali lagi kira-kira helikopter Amerika bolak-balik dari kapal Samson menuju Lanud Iskandar," kata Perwakilan Basarnas Jasril di posko utama pencarian pesawat Airasia di Lanud Iskandar, Jumat.

Sebelumnya, Direktur Operasi Basarnar Supriadi mengatakan kapal USS Samson berhasil mengevakuasi enam korban pesawat Airasia, namun untuk jenis kelamin dan ciri-cirinya belum dapat diinformasikan.

Apabila dijumlahkan dengan evakuasi per 31 Desember 2014 hingga  2 Januari 2015 maka korban yang telah dievakuasi 16 orang.

"10 korban kan telah kita sampaikan ciri-cirinya. Sedangkan yang enam korban temuan kapal Amerika, Jumat, langsung dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit Sultan Imanudin Pangkalan Bun," kata Supriadi.

Berdasarkan data di Posko Utama pencarian Pesawat Airasia QZ 8501 di Lanud Iskandar menerjukan 18 helikopter milik Indonesia dan negara tetangga, namun delapan di antaranya di-standby-kan.

Helikopter yang bergerak dan melakukan evakuasi yakni Dauphin HOUR 3601 Basarnas, Super Puma TNI AU, Puma TNI AU, MI 35 TNI AD dan UH60 Blackhawk US Navi.