Pemkab OKU akan bangun kereta gantung

id aufa, pemkab oku bangun kereta gantung

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, melalui Dinas Pariwisata setempat pada 2015 akan membangun fasilitas kereta gantung di kawasan Gua Harimau, Gua Silabe dan Gua Putri Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji.

"Kereta gantung yang akan dibangun itu merupakan fasilitas terbesar, yakni menghubungkan ketiga gua tersebut," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Ogan Komering Ulu (OKU) Aufa S Sarkomi di Baturaja, Minggu.

Dengan adannya kereta gantung ini, kata Aufa, para wisatawan akan jauh lebih mudah mengunjungui gua-gua yang ada.

Sengaja dibuat kereta gantung, bukan jalan sebab bertujuan tidak untuk merusak keasrian kawasan gua yang diharapkan dalam tahun 2015 mulai dibangun, katanya.

Ia menegaskan, anggaran yang dikeluarkan untuk membangun kereta gantung penghubung tiga gua ini, bukan menggunakan APBD OKU, APBD Provinsi maupun bantuan Kementerian.

Dana yang digunakan dari pihak ketiga, nantinya bekerja sama dengan Pemkab OKU, dalam hal pengelolaannya.

"Dana yang disiapkan sekitar Rp25 miliar. Siapa pihak ketiga untuk sekarang ini belum bisa kita jelaskan. Ini masih tahap penjajakan. Jika sudah terjalin kerja sama, maka akan segera dibangun dan ditargetkan 2015 kereta gantung segera dibangun," tegasnya.

Sementara, sistem kereta gantung ini, pengunjung akan mengelilingi tiga gua. Dimulai dari Gua Putri, Gua Harimau, Gua Silabe dan kembali lagi ke Gua Putri.

Untuk kawasan area gua yang akan dibangun kereta gantung sudah memadai, karena tersedia lahan sekitar 50 hektare.

"Ini sudah lebih dari cukup yang diharapkan dalam waktu dekat pihak ketiga segera melakukan survei," kata Aufa.