Pemkab Muba komitmen perbaiki tata kelola hutan

id komitmen perbaiki tata kelola hutan, pemkab muba, hutan, tata kelola hutan, pelestarian hutan

Pemkab Muba komitmen perbaiki tata kelola hutan

Wakil Bupati Muba Beni Hernedi. (Foto Antarasumsel.com/15/Humas Muba)

...Kami saat ini berupaya memperbaiki tata kelola hutan sehingga bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat dan upaya pelestarian lingkungan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, berkomitmen memperbaiki tata kelola hutan yang ada di kabupaten setempat sehingga bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami saat ini berupaya memperbaiki tata kelola hutan sehingga bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat dan upaya pelestarian lingkungan," kata Wakil Bupati Musi Banyuasin (Muba), Beni Hernedi, dalam suatu acara di Palembang, Selasa.

Menurut dia, hutan yang ada di wilayah kabupaten ini cukup luas, sehingga memerlukan tata kelola yang baik agar potensi sumber daya alam itu dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan bukan sebaliknya menyengsarakan masyarakat.

Dengan tata kelola yang dilakukan selama ini, setiap musim hujan dan kemarau sering menimbulkan masalah lingkungan seperti banjir dan kabut asap.

Khusus bencana kabut asap yang biasa terjadi pada setiap musim kemarau, pihaknya berkomitmen mengurangi tingkat titik panas (hotspot) seminimal mungkin (zero burning).

Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah kabut asap yakni mengajak masyarakat mengubah perilaku membuka lahan tidak harus membakar, dan berupaya bersama pihak terkait mencari solusi dan alternatif mengatasi masalah tersebut.

Sedangkan untuk mengatasi bencana banjir pada setiap musim hujan, masyarakat diminta untuk mencegah aksi penebangan hutan dan menggalakkan penghijauan (reboisasi).

Melalui upaya tersebut diharapkan wilayah kabupaten ini dapat terhindar dari bencana dampak negatif dari musim kemarau dan musim hujan, dan hutan yang tersebar di 14 kecamatan dalam wilayah kabupaten ini bisa terhindar dari kerusakan parah, ujar Wakil bupati.