Koalisi Masyarakat Sipil Sumsel minta tak lemahkan KPK

id kpk, dukung kapk, koalisi masyarakat sipil sumsel dukung kpk, jangan lemahkan kpk, masyarakat, minta tidak lemahkan kpk

Koalisi Masyarakat Sipil Sumsel minta tak lemahkan KPK

Ilustrasi (Antarasumsel.com)

...KPK akhir-akhir ini mendapat serangan dari elit kekuasaan, DPR, Polri dan sejumlah partai politik yang diduga untuk melemahkan lembaga itu...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Koalisi Masyarakat Sipil Sumatera Selatan di Palembang, Sabtu, menyatakan dukungannya terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi dan meminta kepada sejumlah pihak serta elit kekuasaan untuk tidak melemahkan dan melakukan serangan terhadap lembaga itu.

Koalisi Masyarakat Sipil Sumatera Selatan yang menyatakan dukungan tersebut yakni Yayasan Puspa Indonesia (Rina Bakrie), Walhi Sumsel (Hadi Jatmiko), KMPD (M.Syarifuddin), Yayasan Kuala Merdeka (Tarech Rasyid), Lingkar Hijau (Anwar Sadat), Sumsel Watch (Ruspanda Karibullah), LP3HAM (Johannes Simanjuntak), Wahana Bumi Hijau (Dedi Permana).

Kemudian Aman Sumsel (R.Rustandi Ardiyansah), Women`s Crisis Centre Palembang (Yeni Roslaini Izi), LBH Palembang (Aprili Firdaus), Mahasiswa Hijau Indonesia Sumsel (Dedek Chaniago), Sarekat Hijau Indonesia (Sudarto Marelo), Lembaga Advokasi Rakyat (Lembar), Persyarekatan OWA Indonesia, Solidaritas Perempuan Palembang (Ida Sukmawati).

Salah satu anggota koalisi Mahasiswa Hijau Indonesia (MHI) Sumsel, Dedek Chaniago mengatakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhir-akhir ini mendapat serangan dari elit kekuasaan, DPR, Polri dan sejumlah partai politik yang diduga untuk melemahkan lembaga itu.

Hal ini tercermin dari langkah Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto yang membuka dugaan keterlibatan politik Ketua KPK Abraham Samad dalam proses penentuan calon wakil presiden partainya pada masa lalu.

Langkah Hasto tersebut mencerminkan seputar pencalonan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai Kapolri memasuki arena politik yang lebih sensitif dan gaduh, katanya.

Melihat kondisi tersebut, Koalisi Masyarakat Sipil Sumsel memandang KPK yang telah terbukti melakukan pemberantasan korupsi di Tanah Air ini harus dibela dan diselamatkan dari serangan berbagai pihak dan elit kekuasaan itu.

Untuk menyelamatkan KPK, ditetapkan empat pernyataan sikap koalisi yakni pertama mendesak agar elit kekuasaan dan pihak-pihak tertentu untuk tidak menggunakan institusi kepolisian guna melakukan kriminalisasi terhadap pejuang antikorupsi yang bekerja di lembaga antirasuah, atau bermaksud melemahkannya.

Kedua mendesak elit politik baik di Gedung DPR Senayan Jakarta maupun di partai politik untuk tidak melakukan upaya-upaya pelemahan terhadap KPK.

Ketiga meminta KPK untuk tetap fokus dan tegas memberantas korupsi di sektor sumber daya alam dan lingkungan hidup di Indonesia khususnya di Provinsi Sumatera Selatan.

Keempat menuntut Presiden Jakowi dan Wapres Jusuf Kalla untuk bersikap tegas dalam upaya melakukan pemberantasan korupsi di Indonesia sebagaimana dijanjikan dalam kampanye Pilpres, ujar Dedek.