Indonesia paling unggul dalam pembiayaan UKM

id ukm, pembayaran ukm

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Indonesia dinilai paling unggul dalam soal pembiayaan UKM khususnya di forum ekonomi APEC sehingga banyak negara ingin belajar dari Indonesia esiatentang hal itu.

"Indonesia jadi 'champion' untuk pembiayaan UKM," kata Deputi Bidang Pengkajian Sumber Daya KUMK Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan dalam forum ekonomi APEC ada beberapa negara yang dinilai unggul dalam bidang yang berbeda-beda.

Misalnya Korea Selatan dengan "green technology" dan Indonesia dinilai unggul dalam micro-finance.

"Memang di Indonesia sudah sejak lama dikembangkan skim-skim kredit untuk rakyat khususnya UKM baik yang dikembangkan lembaga swasta atau pun pemerintah," katanya.

Ia menambahkan, misalnya saja ada skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) ataupun skim-skim kredit yang dikembangkan oleh BRI sebagai bank yang fokus menggarap segmen UKM.

BRI bahkan menjadi satu-satunya bank yang memiliki satelit di dunia sehingga menjadi benchmark yang sangat baik dalam soal pembiayaan UKM.

"Indonesia sering diminta untuk memberikan masukan dalam forum APEC, kita juga menjadi leader dalam hal Key Performing Indicators untuk finance APEC di bidang UKM," katanya.

Ke depan, pihaknya berharap semakin banyak pihak mengembangkan skema-skema pembiayaan kreatif untuk UKM termasuk micro-finance yang bersifat inklusif.