Bawaslu Sumsel seleksi calon anggota Panwaslu

id panwaslu, bawaslum seleksi calon panwaslu, seleksi

Bawaslu Sumsel seleksi calon anggota Panwaslu

Bawaslu (FOTO ANTARA)

...30 calon tersebut mengikuti uji kepatutan dan kelayakan selama dua hari dan akan diambil 15 orang atau masing-masing kabupaten tiga orang...
Musirawas (ANTARA Sumsel) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu0 Provinsi Sumatera Selatan, mulai menyeleksi sekitar 30 calon panitia pengawas pemilihan umum lima kabupaten yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah.

Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan Kurniawan Ashari yang dihubungi di Musirawas, Senin, membenarkan pada 26-28 Januari 2015 mulai menyeleksi calon panwaslu, termasuk untuk Kabupaten Musirawas.

Ia mengatakan 30 calon tersebut mengikuti uji kepatutan dan kelayakan selama dua hari dan akan diambil 15 orang atau masing-masing kabupaten tiga orang.

Para calon panwaslu tersebut sebelumnya telah lulus seleksi di tingkat kabupaten masing-masing dengan pengumuman Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel Nomor : 005/Timsel/Panwaslih-Kabupaten/Sumsel/2014.

Sebanyak lima daerah yang membutuhkan panwaslu untuk pilkada serentak 2015, adalah Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Kemering Ulu, Ogan Komering Ilir Timur, Ogan Komering Ulu Selatan, dan Musirawas.

Setelah selesai melakukan seleksi dengan cara uji kelayakan dan kepatutan, akan diumumkan hasilnya masing-masing kabupaten hanya tiga orang yang akan menjabat sebagai panwaslu.

Salah seorang Anggota Tim Seleksi (Timsel) Provinsi Sumsel Andries Lionardo mengatakan para peserta itu akan mengikuti seleksi administrasi dan tertulis sebagai calon panwaslu.

Seleksi dalam bentuk uji kalayakan dan kepatutan dilakukan langsung anggota bawaslu. Bawaslu yang berhak menetukan peserta yang lulus.

Dengan terbentuknya panwaslu di lima daerah tersebut, katanya, maka langkah untuk menggelar Pilkada 2015 sudah dapat dilakukan secara bertahap.