Universitas Bina Darma tingkatkan dana penelitian

id ubd, universitas bina darma, penelitian, dana penelitian, tingkatkan dana penelitian

Universitas Bina Darma tingkatkan dana penelitian

Ilustrasi - Rektor Universitas Bina Darma Prof.Ir.H.Bochari Rachman MSc jalin kerja sama dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/14)

...Selain meningkatkan dana penelitian, pihaknya juga berupaya mengembangkan kerja sama dengan instansi pemerintah dan swasta, serta lembaga pendidikan dalam dan luar negeri...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Universitas Bina Darma Palembang, Sumatera Selatan berupaya meningkatkan dana penelitian untuk mendorong dosen lebih maksimal melaksanakan tri darma perguruan tinggi.

"Untuk memaksimalkan kegiatan penelitian yang merupakan salah satu dari tri darma perguruan tinggi itu, secara bertahap akan ditingkatkan alokasi dana penelitian menyesuaikan arahan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Muhammad Nasir," kata Wakil Rektor Universitas Bina Darma (UBD) Palembang, Dr Sunda Ariana MPd, Senin.

Selain meningkatkan dana penelitian, pihaknya juga berupaya mengembangkan kerja sama dengan instansi pemerintah dan swasta, serta lembaga pendidikan dalam dan luar negeri, sehingga penelitian yang dihasilkan dari kampus ini bisa dimanfaatkan sebagai referensi dasar untuk mengambil kebijakan atau keputusan.

Selain itu diharapkan hasil penelitian dapat dimanfaatkan untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam yang tersedia cukup berlimpah dengan mengolahnya menjadi sesuatu yang memiliki nilai tambah secara ekonomis, katanya.

Dia menjelaskan, khusus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dosen, peserta didik, dan masyarakat secara umum mengimbangi perkembangan pembangunan daerah ini dan agar bisa bersaing secara global, UBD Palembang menggandeng sejumlah lembaga pendidikan di luar negeri.

Lembaga pendidikan asing yang digandeng pihaknya seperti Universitas Teknologi Malaysia, dan Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Center (Seamolec).

"Pembangunan di wilayah Provinsi Sumsel dalam sepuluh tahun terakhir mengalami kemajuan sangat pesat, kondisi tersebut perlu dimanfaatkan dengan berpartisipasi dalam mendukung program pembangunan daerah ini sesuai dengan porsi perguruan tinggi," ujar Sunda.