Legislator inginkan pelabuhan TAA sama dengan Batam

id taa, pelabuhan laut taa

Legislator inginkan pelabuhan TAA sama dengan Batam

Jalan menuju ke pelabuhan Tanjung Api-api (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumatera Selatan Yulius Mualana menginginkan pembangunan pelabuhan laut Tanjung Api-Api sama dengan pelabuhan di Batam.

"Kami sudah melakukan kunjungan kerja dan mengecek pelabuhan Batam tersebut," kata Yulius Mualana di Palembang, Senin.

Menurut dia, pelabuhan Batam itu dibangun dengan menggunakan dana dari pusat.

"Kita ingin pembangunan pelabuhan Tanjung Api-Api dibuat seperti di Batam yang menggunakan dana dari pusat," katanya.

Wakil rakyat itu mengatakan, pelabuhan Batam yang mereka kunjungi tersebut akan dijadikan pusat tempat transit.

"Kalau bisa pelabuhan Tanjung Api-Api nanti dibangun seperti di Batam dan hasil kunjungan Komisi IV DPRD Sumsel itu akan kami sampaikan ke pemerintah provinsi Sumatera Selatan, "ujar politisi PDI Perjuangan tersebut.

Ia juga menuturkan, mereka juga akan melakukan pertemuan dengan DPR RI, Kementerian Keuangan dan Kementerian Perhubungan untuk meminta tambahan dana bagi hasil migas provinsi itu.

Ia menilai, dana bagi hasil yang diperoleh provinsi Sumsel selama ini masih sangat sedikit, karena itu kalau bisa ditambah.

Sementara mengenai penyelesaian pembangunan duplikasi jembatan Musi II, ia menyatakan, mereka juga berencana untuk mengadakan pertemuan dengan pihak terkait pembangunan jembatan itu.

"Informasinya kontraknya berakhir pada Desember 2014, tetapi pembangunan masih dilaksanakan, karena itu kita juga ingin mengetahuinya dengan mengundang pihak terkait," katanya.