Sekda : kegiatan Pramuka harus dimaksimalkan

id pramuka, kegiatan pramuka

Sekda : kegiatan Pramuka harus dimaksimalkan

Pramuka (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan minta kepada pengurus kabupaten dan kota untuk memaksimalkan kegiatan pramuka karena dampaknya cukup positif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pramuka dapat membentuk karakter generasi penerus sehingga kegiatannya harus diperbanyak, kata Sekda yang juga Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Sumsel itu di Palembang, Selasa.

Jadi untuk menghindari generasi penerus dari kegiatan negatif seperti narkoba, perkelahian maka perlu diantisipasi melalui kegiatan Pramuka.

Memang, lanjut dia, untuk Kwarda Sumsel sendiri akan lebih rutin dan banyak dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan.

Jadi sebagai pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel pihaknya ingin lebih menaikkan eksistensi kepramukaan dikalangan masyarakat khususnya anak muda, kata dia.

Selain itu Gerakan Pramuka sudah diatur dalam undang-undang sebagai pembentukan karakter bangsa sehingga harus didorong bersama terutama pemerintah.

Lebih lanjut dia mengatakan, program kwarda dan kwarcap tahun ini pun sudah disusun dan siap menyelenggarakan berbagai kegiatan bagi para anggota dan kader.

Memang, kegiatan kepramukaan pendanaannya ditanggung pemerintah, baik provinsi, kabupaten dan kota termasuk seluruh dinas yang berkaitan dengan pemuda dan pendidikan.

Sebelumnya Sekeraris Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel Amriadi mengatakan, berbagai program kepramukaan siap digelar tahun ini baik dibidang pembinaan, penggalang, penegak ataupun pandega.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan baik dalam bentuk lomba, jambore alam, perkemahan satu karya hingga bazar siaga.

Apalagi selama ini kader dan anggota Pramuka Kwarda Sumsel telah mendalami berbagai ilmu saka untuk belajar keterampilan hidup di alam terbuka.