Kodam Sriwijaya bangun waduk dukung swasembada beras

id pangdam, pangdam sriwijaya

Kodam Sriwijaya bangun waduk dukung swasembada beras

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Iskandar Sahil (Oleh Evan Ervani)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kodam II/Sriwijaya akan membantu pembangunan dan perbaikan waduk di beberapa daerah untuk mengairi persawahan di Sumatera Selatan guna mendukung program swasembada beras.

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Iskandar Sahil pada pengarahan kepada satuan Korem Gapo 044 di Palembang, Rabu, mengatakan bantuan pembangunan dan perbaikan waduk tersebut akan bekerja sama dengan Kementerian Pertanian RI.

Karena itu, katanya, Kodam II/Sriwijaya terus berupaya melakukan optimalisasi di semua sisi, mulai pengerahan personel sampai kegiatan lapangan membangun dan memperbaiki waduk.

"Untuk tujuan tersebut, semua unsur TNI AD siap terjun membantu petani dalam memberikan arahan maupun pembinaan, bahkan tenaga sebagai abdi masyarakat," kata Jenderal TNI berbintang dua itu.

Selanjutnya, kata dia, pihak TNI AD akan bekerja sama melalui Dinas Pertanian Sumsel segera merealisasikan pembangunan dan perbaikan waduk yang bocor.

Hal itu karena anggarannya telah diberikan pemerintah pusat sebesar Rp200 juta dengan dasar apabila waduk ini bisa beroperasi akan lebih luas jangkauan mengairi sawah, seperti di Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Ogan Komering Ilir mempunyai hamparan sawah sangat luas sebagai prioritas, katanya.

Menurut dia, harapan pemerintah pusat terfokus di daerah Sumsel sebagai prioritas lumbung pangan nasional karena sebagian besar daerah di Pulau Jawa dianggap telah cukup mampu dan modern mulai dari pengairan sampai produktivitasnya, dan kalaupun menambah tidak terlalu signifikan hanya 0,3 - 0,5 persen dalam peningkatan swasembada pangan.

"Setidaknya harapan kita dari apa yang akan diprogramkan bisa melakukan panen sebanyak dua kali dalam satu tahun ke depan," kata Mayjen TNI Iskandar Sahil.