Gubernur Sumsel: Asian Games jangan sampai jadi musibah

id alex noerdin, gubernur sumsel

Gubernur Sumsel: Asian Games jangan sampai jadi musibah

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Foto: antarasumsel.com/Fenny Selli/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Alex Noerdin yang juga Gubernur Sumatera Selatan berharap ditunjuknya Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 menjadi sebuah berkah, namun jika tidak dipersiapkan dengan baik bisa saja akan menjadi sebuah musibah.

"Kalau tidak sekarang kita harus menunggu 20-30 kali. Makanya berkah yang ada saat ini jangan sampai menjadi musibah karena tidak dipersiapkan dengan baik," kata Alex Noerdin di Rumah Dinas Gubernur Sumsel di Palembang, Kamis.

Menurut dia, sesuai dengan rapat umum federasi olahraha Asia atau OCA sebelum pelaksanaan Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, telah ditetapkan jika pelaksanaan kejuaraan empat tahunan ini akan digelar di Palembang, Sumatra Selatan dan DKI Jakarta.

Untuk itu, demi mendukung dan suksesnya kejuaraan olahraga terbesar di Asia itu pihaknya berusaha mempersiapkan lokasi pertandingan terbaik sesuai dengan standar internasional masing-masing cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

"Kami punya Jakabaring Sport City. Di situ ada 18 venues (tempat pertandingan) dan lima di antaranya sudah disertifikasi internasional. Kami juga sudah terbukti sukses menggelar kejuaraan internasional," katanya menambahkan.

Selama lima tahun terakhir, selain sukses menggelar kejuaraan single event kelas internasional, Sumatra Selatan juga sukses menjadi tuan rumah SEA Games 2011, Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 serta Asian Univercity Games 2014.

Orang nomor satu di Pemprov Sumsel itu menjelaskan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 adalah kesempatan bagi Indonesia untuk menunjukkan kepada dunia. Untuk itu persiapan harus dilakukan secara maksimal.

"Renovasi venues pasti dilakukan. Kami juga akan membangun lagi lapangan sepak bola berikut pendukungnya. Untuk wisma atlet kami akan membangun tujuh tower lagi. Semuanya akan siap sebelum test event 2017," katanya menegaskan.