PHRI Sumsel fasilitasi MUI cek kehalalan makanan hotel

id phri, sertifikat halal, cek kehalalan menu makanan hotel dan restoran, menu, hotel, restoran, halal, mui, majelis ulama indonesia

PHRI Sumsel fasilitasi MUI cek kehalalan makanan hotel

Ketua PHRI Sumsel Herlan Asfiudin (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...PHRI Sumsel sangat mendukung program Majelis Ulama Indonesia yang menetapkan setiap menu makanan yang disajikan restoran dan hotel harus melalui proses sertifikasi halal...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan siap memfasilitasi Majelis Ulama Indonesia untuk melakukan pengecekan dan memastikan penetapan kehalalan menu makanan di hotel dan restoran sesuai dengan ketentuan.

"Secara umum penetapan menu hotel dan restoran sangat jelas mana yang halal dan yang tidak, sehingga dijamin tamu yang beragama Islam tidak akan salah pilih makanan yang dilarang itu," kata Ketua PHRI Sumatera Selatan Herlan Asfiudin di Palembang, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya berupaya mendorong seluruh hotel dan restoran di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini memiliki sertifikat halal sesuai dengan ketentuan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Sertifikat halal itu penting dimiliki oleh hotel dan restoran guna memberi jaminan kepada tamu atau masyarakat muslim yang akan menikmati makanan di restoran umum dan yang terdapat di hotel," ujarnya.

Menurut dia, PHRI Sumsel sangat mendukung program Majelis Ulama Indonesia yang menetapkan setiap menu makanan yang disajikan restoran dan hotel harus melalui proses sertifikasi halal.

"Kami menyambut baik dan mendukung program MUI yang mewajibkan hotel dan restoran melakukan sertifikasi halal semua menu makanan yang disajikan untuk pengunjungnya," ujar Herlan.

Sudah seharusnya hotel dan restoran di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa ini yang mayoritas beragama Islam itu memiliki sertifikat halal pada setiap produk makanan yang disajikan kepada tamunya.

Sebagai wujud dukungan terhadap program MUI itu, kata dia, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada seluruh pengelola hotel dan restoran yang tergabung dalam PHRI Sumsel yang saat ini berjumlah lebih dari 200 anggota.

Selain itu, pihaknya juga terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada tamu hotel dan restoran dengan melakukan penambahan berbagai fasilitas pendukung dan meningkatkan kemampuan karyawan dengan mengikutsertakan berbagai pelatihan dan sertifikasi profesi.