Sumsel anggarkan dana kuliah gratis

id widodo, kadiknas sumsel

Sumsel anggarkan dana kuliah gratis

Widodo (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menganggarkan dana untuk pelaksanaan program kuliah gratis tahap pertama sekitar Rp50 miliar.

Dana untuk program kuliah gratis itu diambil melalui APBD Provinsi Sumatera Selatan, kata Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo kepada wartawan di Palembang, Jumat.

Mengenai calon mahasiswa yang ditanggung program dari Gubernur Sumsel Alex Nordin ini adalah mereka yang termasuk keluarga kurang mampu terutama keuangan, kata dia.

Jadi nantinya bagi mereka dari keluarga kurang mampu dibidang ekonomi bila ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi dananya ditanggung pemerintah provinsi.

Mahasiswa yang akan diterima kuliah perdana jumlahnya ribuan orang dari perguruan tinggi negeri yang ada di Sumsel, katanya.

Hal ini karena pihaknya telah melakukan kerja sama dengan Unsri dan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Program kuliah gratis sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi terhadap sumber daya manusia di daerah ini agar semakin berkualitas.

"Hal ini karena sumber daya manusia yang bermutu sebagai modal dalam meningkatkan pembangunan di daerah ini," ujarnya.

Sehubungan itu, Gubernur Sumsel memprogramkan kuliah gratis sebagai perwujudan janji kampanye saat pencalonan lalu.

Apalagi Pemerintah Provinsi Sumsel memprogramkan sekolah gratis hingga sekolah lanjutan atas dan sekarang menjadi program utama, tambahnya.