Pelindo relokasi markas TNI-AL Palembang perluas dermaga

id reloaksi, pelindo, pangkalan tni al, lanal palembang

Pelindo relokasi markas TNI-AL Palembang perluas dermaga

Pelindo berupaya merelokasi kantor di sekitar Pelabuhan Boom Baru Palembang untuk memperluas dermaga mengatasi peningkatan aktivitas bongkar muat. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Saat ini pihak Pangkalan TNI-AL (Lanal) Palembang sedang melakukan persiapan pindah ke markas baru yang ada di kawasan Sungai Lais dekat markas Polairud Polda Sumsel...
Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Palembang, Sumatera Selatan pada Februari 2015 akan merelokasi markas Pengkalan TNI Angkalan Laut yang berada dalam kawasan Pelabuhan Boom Baru untuk perluasan dermaga peti kemas dan konvensional.

"Saat ini pihak Pangkalan TNI-AL (Lanal) Palembang sedang melakukan persiapan pindah ke markas baru yang ada di kawasan Sungai Lais dekat markas Polairud Polda Sumsel. Jika tidak ada hambatan kegiatan relokasi bisa dimulai pada bulan depan," kata General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Palembang Gunta Prabawa di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, untuk memperluas dermaga Pelabuhan Boom Baru Palembang yang lahannya terbatas, pihaknya berupaya merelokasi semua perkantoran milik mitra kerja di sekitar pelabuhan tersebut.

"Seluruh perkantoran yang bisa beroperasi di luar area pelabuhan semuanya akan dipindahkan ke tempat baru sehingga bisa dimanfaatkan untuk penumpukan peti kemas dan membangun gudang baru penyimpanan sementara barang nonpeti kemas," ujarnya.

Menurut dia, beberapa perkantoran yang telah direlokasi seperti kantor milik perusahaan pelayaran, perbankan, pos polisi pelabuhan, dan mitra kerja pendukung kegiatan pelayanan jasa kepelabuhan lainnya.

Relokasi perkantoran yang telah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir itu, bisa dilakukan dengan baik karena sesuai perjanjian masing-masing mitra bersedia pindah ke luar area pelabuhan kapan pun PT Pelindo membutuhkan lahan yang dipinjamkan kepada mereka.

Kegiatan relokasi untuk mengoptimalkan pelabuhan di Sungai Musi itu mendesak dilakukan karena jumlah kapal yang melakukan bongkar muat setiap tahun terus mengalami peningkatan.

Untuk mengoptimalisasi pelabuhan itu, selain terus melakukan relokasi bangunan yang tidak berhubungan langsung dengan pelayanan jasa kepelabuhan, pihaknya berupaya menambah peralatan baru untuk bongkar muat,

Melalui berbagai upaya tersebut PT Pelindo dengan identitas korporasi "Indonesia Port Corporation-IPC" dapat menjadi penyedia layanan jasa kepelabuhan yang efisien dan modern di wilayah provinsi yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang berlimpah itu, ujar Gunta.