Abraham Samad menggunakan masker bertemu petinggi PDI-P

id abraham samad, as, kpk, gunakan masker saat bertemu petinggi pdi p, pdi perjuangan, ketua kpk abraham samad

Abraham Samad menggunakan masker bertemu petinggi PDI-P

Ketua KPK Abraham Samad. (FOTO ANTARA)

...Waktu saya jemput di bawah, Pak AS pakai masker. Pas di dalam apartemen, sudah dilepas (maskernya)...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Saksi dugaan pertemuan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad dan beberapa petinggi PDI-P, Supriansyah mengaku Samad menggunakan masker saat mendatangi apartemennya.
       
"Waktu saya jemput di bawah, Pak AS pakai masker. Pas di dalam apartemen, sudah dilepas (maskernya)," kata Supriansyah alias Anca di Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat.
      
Meski mengakui adanya pertemuan antara Samad dengan beberapa petinggi PDI-P di unit apartemennya, namun ia tidak mengetahui isi pertemuan tersebut. Ia hanya meminjamkan unitnya untuk digelar pertemuan.
       
Anca mengaku telah mengenal Abraham sejak tahun 2000, karena keduanya merupakan aktivis antikorupsi dari Makassar, Sulawesi Selatan.
       
Ia menegaskan tidak mengetahui orang dengan inisial D1 dan D2 dalam pertemuan tersebut. "Saya nggak tahu soal itu," ucapnya.
       
Ia pun tidak menyangka pertemuan yang diadakan di apartemennya itu akhirnya berbuntut panjang. "Panggilan (dari Bareskrim) ini membuat kegiatan-kegiatan saya terbengkalai," ujarnya.
       
Ia merupakan pemilik unit apartemen "The Capital Residence", SCBD, Jakarta, tempat di mana pertemuan diduga diadakan.
       
Dikatakannya, sebelum para petinggi PDI-P datang, ia bertemu dengan Abraham terlebih dulu di unit apartemennya. Abraham kemudian meminta izin agar diperbolehkan mengadakan pertemuan dengan beberapa rekannya di apartemen tersebut. Lalu Anca pun mengizinkan.
       
Selain Abraham, pihaknya mengatakan bahwa dalam pertemuan itu ada Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto dan Sekjen PDI-P (saat itu) Tjahjo Kumolo. "Ada Abraham, Hasto, kalau tidak salah ada Tjahjo Kumolo juga," ungkapnya.
       
Dia mengatakan bahwa unit apartemennya digunakan untuk dua kali pertemuan. "Sekitar dua kali, antara Maret atau April. Pertemuan selanjutnya, saya tidak tahu," tukasnya.
       
Anca diperiksa sebagai saksi oleh penyidik Bareskrim untuk menindaklanjuti adanya laporan sekelompok warga yang tergabung dalam KPK Watch Indonesia ke Bareskrim Polri, beberapa waktu lalu.
       
"KPK Watch melaporkan dugaan Ketua KPK pernah bertemu dengan sejumlah petinggi partai," kata Direktur Eksekutif M. Yusuf Sahide.
       
Pelaporan tersebut didasarkan pemberitaan di media massa mengenai Ketua KPK yang bersumber dari tulisan di Blog Kompasiana berjudul "Rumah Kaca Abraham Samad". Artikel tersebut ditulis Sawito Kartowibowo.
       
Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa Samad pernah beberapa kali bertemu dengan petinggi parpol dan membahas beberapa isu termasuk tawaran bantuan dalam penanganan kasus politisi Emir Moeis yang tersandung perkara korupsi.