Pelindo Palembang tingkatkan target bongkar muat

id pelabuhan boom baru palembang, bongkar muar, target bongkar muat barang, peti kemas, pelabuhan

Pelindo Palembang tingkatkan target bongkar muat

Aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan Boom Baru Palembang. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Dalam dua tahun terakhir pelabuhan Boom Baru yang dikelola PT Pelindo II Palembang melayani bongkar barang berkisar 90.000 hingga 112 ribu peti kemas (box), sedangkan pelayanan muat berkisar 46.000 - 64.000 box...
Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Palembang, Sumatera Selatan, pada 2015 ini berupaya meningkatkan target pelayanan jasa kepelabuhanan atau bongkar muat yang dicapai dalam beberapa tahun terakhir.

"Dalam dua tahun terakhir pelabuhan Boom Baru yang dikelola PT Pelindo II Palembang melayani bongkar barang berkisar 90.000 hingga 112 ribu peti kemas (box), sedangkan pelayanan muat berkisar 46.000 - 64.000 box," kata Advisor Humas, Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PT Pelindo II Cabang Palembang, Fransiska Riana S, Senin.

Menurut dia, bongkar muat barang yang menggunakan peti kemas itu merupakan barang yang didatangkan dari luar negeri dan antarpulau di Tanah Air.

Peningkatan pelayanan jasa bongkar muat barang tersebut akan terus diupayakan lebih tinggi lagi, sehingga pendapatan perusahaan bisa meningkat dan program perluasan dan penataan pelabuhan Boom Baru yang sedang dilaksanakan sekarang ini bisa berjalan sesuai rencana, katanya.

Dia menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir pelayanan jasa kepelabuhanan di Kota Palembang mengalami peningkatan.

Melihat kondisi tersebut perusahaan berupaya melakukan antisipasi seperti dengan melakukan pembenahan berbagai fasilitas dan peralatan sehingga nantinya setiap kapal yang masuk dapat dilayani bongkar muat barangnya dengan baik dan cepat seperti yang berlangsung selama ini.

Untuk mengoptimalkan pelabuhan sungai itu, selain terus berupaya melakukan penataan pelabuhan dan menambah peralatan baru untuk bongkar muat, juga berpartisipasi memelihara alur pelayaran Sungai Musi agar tidak mengalami pendangkalan.

"Melalui berbagai upaya tersebut diharapkan PT Pelindo melalui Pelabuhan Boom Baru dapat menjadi penyedia layanan jasa kepelabuhanan di wilayah provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini," ujar Siska.