Legislator dukung Perda kuliah gratis

id dprd, dprd sumsel

Palembang (ANTARA Sumsel) - Fraksi di DPRD Sumatera Selatan mendukung rancangan peraturan daerah menjadi peraturan daerah tentang program kuliah gratis yang akan dilaksanakan di provinsi itu.

"Fraksi Partai Demokrat sangat mendukung rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (Perda) tentang program kuliah gratis," kata Juru Bicara Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumatera Selatan, Holda di Palembang, Rabu.

Menurut dia, jika program kuliah gratis nantinya terealisasi maka akan memperluas akses masyarakat yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Program ini tentu sangat membantu program bidik misi pemerintah pusat masih sangat terbatas kuota mahasiswa yang memperolehnya, dan masih diprioritaskan bagi mahasiswa perguruan tinggi negeri saja.

Fraksi itu menyarankan beasiswa pendidikan hanya diberikan bagi mahasiswa yang berprestasi atau pintar berasal dari keluarga tidak mampu, katanya.

Sementara juru bicara Fraksi Hanura DPRD Sumsel, Aslam Mahrom menyatakan, fraksi itu menyambut baik usulan Raperda menjadi peraturan daerah (Perda) program kuliah gratis tersebut.

"Kami sangat mendukung upaya pemerintah memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat, generasi muda untuk dapat menikmati dunia pendidikan setinggi-tingginya," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan juru bicara Fraksi Partai Golkar, Rizal Kenedi, mengatakan kalau fraksi itu mendukung penuh terhadap Raperda tentang kuliah gratis tersebut.

Akan tetapi, lanjutnya, yang harus diperhatikan oleh pemerintah provinsi Sumsel dalam menjalankan program ini sebaiknya bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota.

Karena, tentunya penerima manfaat dari program ini tidak hanya mereka yang berdomisili di Kota Palembang, tetapi juga dari luar kota tersebut, tuturnya.

Fraksi Gerindra juga mendukung Raperda itu dimana segmentasinya untuk siswa berprestasi dari keluarga pra sejahtera, kata Juru Bicara Fraksi Gerindra, Solehan Ismail.

"Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Sumsel, kami sangat mendukung terhadap Raperda menjadi Perda program kuliah gratis ini," kata juru bicara Fraksi Nasdem Meilinda menambahkan.