Pegadaian Sumbagsel tingkatkan target nasabah investasi emas

id logam mulia, emas murni, kelompok arisan, investasi logam mulia, logam mulia

Pegadaian Sumbagsel tingkatkan target nasabah investasi emas

Contoh logam mulia. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/14)

...Optimistis dapat mencapai target pertumbuhan kelompok arisan investasi emas tersebut yang 50 persen di antaranya diprediksi dapat dipenuhi dari Kota Palembang...
Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah III Sumatera Bagian Selatan pada 2015 ini berupaya meningkatkan target jumlah nasabah produk baru arisan investasi emas murni atau logam mulia.

"Produk investasi emas yang diluncurkan di wilayah Sumatera Bagian Selatan meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung, pada pertengahan 2014 lalu mendapat respon positif masyarakat di lima provinsi tersebut sehingga pada tahun ini ditargetkan tumbuh 12.000 kelompok arisan baru," kata Kepala Humas PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah III Sumbagsel, M.Charist Chamid di Palembang, Jumat.

Menurut dia, masyarakat cukup meminati arisan investasi emas murni atau logam mulia itu, khusus di Kota Palembang saja pada tahun lalu tercatat 1.600 kelompok arisan yang mengikuti progam arisan tersebut.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya optimistis dapat mencapai target pertumbuhan kelompok arisan investasi emas tersebut yang 50 persen di antaranya diprediksi dapat dipenuhi dari Kota Palembang dan beberapa kabupaten/kota Sumsel lainnya, katanya.

Dia menjelaskan, investasi logam mulia dengan sistem arisan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemasaran logam mulia yang selama ini hanya bisa diperoleh dengan cara beli tunai atau dengan sistem kredit pembayaran menyicil setiap bulan.

Untuk mengikuti arisan emas tersebut, masyarakat dapat membuat kelompok minimal anggotanya berjumlah enam orang, setelah terbetuk kelompok mengajukan permohonan kepada unit layanan atau gerai PT Pegadaian yang ada sekitar kawasan permukiman, pasar tradisional, dan sejumlah pusat perbelanjaan.

Bagi masyarakat di Kota Palembang, bisa mengunjungi 60 unit layanan atau gerai yang tersebar di 16 kecamatan, sedangkan masyarakat di daerah lainnya bisa mengunjungi 265 gerai yang tersebar di seluruh wilayah Sumbagsel,

Masyarakat yang mengajukan permohonan untuk mengikuti arisan investasi logam mulia dan dinyatakan memenuhi persyaratan yang ditentukan, langsung diproses logam mulia yang ukuran dan beratnya sesuai dengan kesepakatan kelompok dengan harga tetap yang berlaku saat kontrak perjanjian ditandatangani peserta arisan.

Dengan diberlakukannya tarif flat itu, meskipun dalam kontrak perjanjiannya untuk masa enam bulan bahkan 12 bulan ke depan terjadi kenaikan harga logam mulia, peserta arisan tidak perlu khawatir dengan kenaikan itu karena harga dipatok sesuai dengan harga pasaran saat program disepakati dimulai oleh kelompok arisan, ujar Charist.