Oscar film "Citizenfour" penghargaan bagi wartawan

id penghargaan orcar, piala orcar, film citizenfour, film, citizenfour

...Terima kasih kepada Edward Snowden atas keberaniannya dan kepada para pengungkap aib lain, dan saya berbagi penghargaan ini dengan para wartawan lain yang mengungkap kebenaran...
Washington (Antara/AFP) - Penghargaan Oscar kategori film dokumenter terbaik bagi film "Citizenfour" merupakan penghargaan terbaru bagi wartawan, yang menyiarkan bocoran dokumen rahasia oleh "pengungkap aib" NSA Edward Snowden.
       
Film disutradarai dan diproduksi Laura Poitras itu mengungkap caranya bekerja bersama wartawan lain untuk membuka rahasia program pemantauan Badan Keamanan Nasional dan badan sandi lain AS, yang mengejutkan banyak pihak di Amerika dan seluruh dunia.
       
"Keputusan paling penting yang mempengaruhi kita semua dibuat secara rahasia. Kita kehilangan semua kemampuan kita untuk mengecek kekuasaan yang mengendalikan," kata Poitras, Minggu saat menerima penghargaan itu di Dolby Theatre, Holywood, didampingi wartawan Glenn Greenwald.

       
"Terima kasih kepada Edward Snowden atas keberaniannya dan kepada para pengungkap aib lain, dan saya berbagi penghargaan ini dengan para wartawan lain yang mengungkap kebenaran."
  
Snowden mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dirilis Serikat Kebebasan Sipil Amerika bahwa ia berharap orang yang menyaksikan film itu "akan terinspirasi oleh pesannya bahwa warga biasa, dengan bekerja bersama, bisa mengubah dunia."
  
"Citizenfour" menggambarkan sejumlah perbincangan dengan Snowden yang direkam di Hongkong, dimana bekas pekerja kontrak NSA itu menjelaskan bagaimana berkuasanya badan intelijen AS dan sekutu-sekutunya.
       
Film ini secara khusus menunjukkan Snowden --yang menggunakan nama samaran "Citizenfour" saat pertama kali mengontak Poitras-- menjelaskan program-program ini kepada Poitras, Greenwald dan wartawan The Guardian Ewen MacAskill.
       
Poitras kepada harian The New York Times baru-baru ini mengatakan bahwa film itu "mempunyai satu harapan... karena pada dasarnya orang ingin memiliki keberanian dan mengatakan sesuatu mengenai apa yang mereka lihat sebagai hal yang salah di dunia."
  
Poitras mengatakan kepada AFP dalam sebuah wawancara pada Februari di Los Angeles bahwa "motivasi film ini adalah benar-benar menceritakan apa yang terjadi, apa motivasinya dan kenapa (Snowden) mengambil risiko ini."
  
Pengungkapan yang sangat berisiko ini membuat wartawan-wartawan yang memberitakannya menjadi selebritis dadakan.
       
Harian The Guardian dan The Washington Post memenangi penghargaan Pulitzer pada 2014 atas liputan pengungkapan ini.
       
Poitras yang merupakan kontak utama bagi Snowden, mendapat keistimewaan dengan berbagi nama penulis di Guardian dan The Post untuk topik ini.
       
Film --yang diputar di bioskop-bioskop sebelum pemutaran perdana di saluran TV berbayar HBO, Senin-- memenangi penghargaan BAFTA, serta penghargaan dari Serikat Sutradara Amerika, Masyarakat Kritikus Film Nasional dan organisasi-organisasi lain.
       
Greenwald yang keluar dari The Guardian dan bergabung dengan portal berita The Intercept, meraih beberapa penghargaan salah satunya adalah George Polk Award for National Security.
       
Snowden, yang tinggal dalam pelarian di Rusia saat pemerintah AS memburunya untuk diseret ke pengadilan dengan dakwaan spionase, mengatakan kepada forum The New York Times bahwa film itu lebih dari sekadar cerita tentang dirinya.
       
"Pada akhirnya ini bukan film tentang saya, ini film tentang kita, tentang perjalanan ini, tentang momen ini, tentang perjalanan sebuah pengungkapan," katanya.
       
"Saya tidak benar-benar memiliki peran di dalamnya. Saya tidak pernah benar-benar penting di dalamnya kecuali sebagai mekanisme awal," katanya.
      
Ia menambahkan bahwa ia menolak ide itu "untuk waktu yang lama" karena "saat anda terlibat dalam sebuah aksi dengan kemungkinan didakwa, anda biasanya tidak sedang direkam kamera."
  
Saat memutuskan untuk bekerja sama dengan Poitras, Snowden mengatakan, ia ingin memperjelas bahwa tindakannya itu bukanlah "tindakan bermusuhan" menentang pemerintah, namun tindakan "demi kepentingan publik".
       
Greenwald mengatakan dalam forum tersebut bahwa film serta liputan-liputan lain yang didasarkan pada dokumen Snowden memiliki "pengaruh luar biasa" di seluruh dunia "karena intensitas perdebatan mengenai ini, yang dipicu tidak hanya di Amerika Serikat namun secara global, telah mengubah kesadaran atas berbagai hal".