Gubernur perjuangkan pembangunan kilang minyak di TAA

id kilang, kilang baru

Gubernur perjuangkan pembangunan kilang minyak di TAA

Ilustrasi kilang Pertamina (ANTARA FOTO)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin akan memperjuangkan agar pembangunan kilang minyak program pemerintah pusat ditempatkan di kawasan Tanjung Api Api Kabupaten Banyuasin.

Pemerintah pusat akan membangun dua kilang yakni di Indonesia timur dan Indonesia barat, sehingga lokasinya harus diperjuangkan di kawasan Tanjung Api Api, kata Gubernur, di Palembang, Rabu.

Hal ini karena kawasan Tanjung Api Api cukup stategis untuk dibangun kilang minyak karena pada areal itu nantinya dibangun pelabuhan samudra, kata dia lagi.

Selain itu, areal tersebut juga terdapat Kawasan Ekonomi Khusus, sehingga kilang minyak merupakan faktor pendukung dalam meningkatkan perekonomian, kata dia lagi.

Namun yang lebih penting lagi kilang minyak Plaju-Sungai Gerong tidak strategis lagi untuk dikembangkan, sehingga perlu dibangun yang baru.

Karena itu, pihaknya akan memperjuangkan agar pembangunan kilang di wilayah barat ditempatkan di Tanjung Api Api, ujarnya.

Memang, lanjut dia, kawasan Tanjung Api Api sudah diprogramkan menjadi wilayah tol laut, mengingat di daerah tersebut terdapat pantai.

Sehubungan itu sekarang ini telah dibangun berbagai fasilitas pendukung dalam pengembangan kawasan Tanjung Api Api tersebut.

Menurutnya, sekarang ini sudah ada pelabuhan penyeberangan menuju Kepulauan Bangka Belitung.

Jadi sangatlah wajar bila di kawasan tersebut juga dibangun kilang minyak, kata Alex Noerdin pula