Legislator Malkomar berniat maju Pilkada Bupati OKU

id pilkada, calon bupati oku

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Anggota DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, Malkomar Du`i, menyatakan niatnya mencalonkan diri maju pada Pilkada calon Bupati OKU periode 2015-2020.

Namun demikian, untuk pencalonan diri maju pada Pilkada calon Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) mendatang masih menunggu restu dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai Bulan Bintang, kata Malkomar Du`i di Baturaja, Kamis.

"Kalau saya direstui dan ditunjuk DPP PBB untuk mewakili partai mencalonkan diri menjadi bupati saya sangat siap," kata Malkomar yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PBB OKU ini.

Ia menegaskan, meski partainya hanya memiliki dua kursi di DPRD OKU bukan berarti mereka tidak bisa mencalonkan kader partai, karena menurut peraturan untuk menjadi calon bupati harus didukung 20 persen kursi partai atau minimal memegang tujuh kursi dewan di DPRD OKU.

"Sekarang kita punya dua kursi, artinya harus mencari lima kursi dari koalisi partai lain untuk memenuhi syarat pencalonan," katanya.

Politisi senior Partai PBB di DPRD OKU ini menegaskan, untuk menetapkan bakal calon Bupati OKU yang akan maju Pilkada 2015 pihak DPP menyerahkan kepada DPC.

"Jadi Dewan Pengurus Pusat PBB tidak punya kewenangan. Sepenuhnya yang memberi keputusan yakni DPC. Pihak DPP hanya sebatas mengesahkan bakal calon diusung DPC untuk bersaing di Pilkada," tegas Malkomar.

Disinggung apakah ada syarat dan kriteria khusus untuk bakal calon bupati akan diusung, harus cakap dan memiliki kemampuan dan pengalaman memimpin.

"Yang paling penting, meski kami cuma memiliki dua kursi di DPRD OKU, kami tidak mau menjadi pengiring pendukung saja, karena jika direstui DPP saya juga siap mencalonkan diri menjadi bupati," katanya.