Kabel gantung jembatan duplikasi Musi II diperiksa

id musi II, jembatan musi II

Kabel gantung jembatan duplikasi Musi II diperiksa

Duplikasi jembatan musi II Palembang (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Tim Teknik Kementerian Pekerjaan Umum memeriksa kekuatan kabel gantung Jembatan Duplikasi Musi II, Jumat, untuk memastikan kelayakannya sebelum uji coba pada akhir Maret 2015.

Tim Sub Direktorat Jenderal Teknik Jembatan Direktorat Bina Teknik Kementerian PU yang diketuai Heri Yugyantoro secara teliti memeriksa satu persatu kabel gantung (hanger) utama di bagian tengah jembatan.

Heri mengatakan kekuatan gaya kabel gantung penahan jembatan harus dicek secara teliti karena terkait dengan keselamatan pengguna.

"Kekuatan kabel gantung akan dibandingkan dengan beban yakni aspal menggunakan alat pengukur getaran jembatan, sehingga akan diketahui saat kendaraan melintas apakah bisa menanggung beban atau tidak," kata dia.

Ia mengemukakan hasil pemeriksaan ini akan dianalisa secara komputerisasi sehingga akan menghasilkan data berupa grafik. Jika dihasilkan grafik yang tidak beraturan, menandakan bahwa kabel yang diuji tersebut tidak layak.

"Pemeriksaan ini akan dilakukan selama tiga hari. Sementara ini sudah sembilan kabel dari total 74 buah," ujar dia.

Proyek jembatan duplikasi Musi II dikebut pengerjaannya agar bisa digunakan pada pertengahan tahun ini untuk meringankan beban dari Jembatan Musi II yang sering dilintasi truk pengangkut batu bara.