Bagikan 1.332 batu, Palembang siap pecahkan rekor Muri

id batu akik, muri, rekor muri,

Bagikan 1.332 batu, Palembang siap pecahkan rekor Muri

Pasar batu akik di kawasan Cinde, Palembang. (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly)

...Batu akik asal Sumsel tidak kalah kualitasnya dengan batu akik dari daerah lain, beberapa jenis seperti bacan, biru langit, lavender, sunkis, dan sebagainya saat ini menjadi buruan di Tanah Air. Namun, promosi harus dilakukan karena sengitnya pers
Palembang (ANTARA Sumsel) - Komunitas pencinta batu akik Palembang Sriwijaya Gems Community akan memecahan rekor Musium Rekor Indonesia pada 17 Juli 2015  di pelataran Benteng Kuto Besak dengan membagikan secara gratis sebanyak 1.332 batu ke masyarakat.
    
Ketua Sriwijaya Gems Community Keysar Saropi di Palembang, Minggu, mengatakan, acara pemecahan rekor ini untuk memperingati hari jadi Kota Palembang yang ke-1.323 tahun dengan diikuti sekitar 500 orang anggota.
    
"Dukungan penuh didapatkan dari pemerintah kota, lantaran ini membuat kami percaya diri untuk menggelar pemecahan rekor Muri yang belum ada di Indonesia," kata Keysar.
    
Ia mengemukakan, berbagai jenis batu akik dari Baturaja, Lahat, dan Musi Rawas Utara akan dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat untuk semakin mengenalkan produk khas Sumsel ke pasar batu akik dalam negeri. 
    
"Batu akik asal Sumsel tidak kalah kualitasnya dengan batu akik dari daerah lain, beberapa jenis seperti bacan, biru langit, lavender, sunkis, dan sebagainya saat ini menjadi buruan di Tanah Air. Namun, promosi harus dilakukan karena sengitnya persaingan dalam negeri karena saat ini sedang booming," kata dia.
    
Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari pemerintah karena akan menimbulkan dampak positif pada perekonomian masyarakat karena meraup ribuan tenaga kerja hingga perputaran uang mencapai miliaran rupiah.  
    
Pemerintah Kota Palembang menjanjikan berdirinya pasar batu akik di Jakabaring yang menjadi bagian dari proyek "pasar hobi" untuk merespon tingginya minat masyarakat pada bisnis itu. 
    
Bisnis batu akik demikian menggeliat di Palembang dalam beberapa bulan terakhir. Puluhan pedagang dan ratusan pembeli memadati kawasan Cinde setiap hari untuk bertransaksi jual beli. 

Saat ini para pedagang itu sudah direlokasi di sebuah lapangan di bekas Bioskop Cineplex Cinde sembari menunggu berdirinya pasar batu akik di Jakabaring.