Christopher Rungkat ditarget final Piala Davis Zona Asia

id tenis lapangan, tenis, piala davis, christopher rungkat

Christopher Rungkat ditarget final Piala Davis Zona Asia

Christopher Rungkat (ANTARA FOTO)

...Tim kita saat ini diperkuat oleh petenis-petenis muda, ada semangat luar biasa di diri mereka dan ini menambah kenyakinan Pelti bakal sampai ke final meski persaingan demikian ketat di Asia, ada Thailand dan Tiongkok,...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia menargetkan Tim Indonesia lolos ke babak final Piala Davis Grup II Zona Asia Oceania 2015 untuk memperbaiki peringkat internasional dan mematangkan persiapan SEA Games tahun ini.

Wakil Sekretaris Jenderal PP Pelti Goenawan Tedjo di Palembang, Senin, mengatakan, peluang mencapai partai puncak tersebut cukup terbuka karena empat petenis putra Indonesia menunjukkan tren positif dari sisi permainan menjelang pertandingan melawan Tim Iran di Palembang, 6-8 Maret.

"Tim kita saat ini diperkuat oleh petenis-petenis muda, ada semangat luar biasa di diri mereka dan ini menambah kenyakinan Pelti bakal sampai ke final meski persaingan demikian ketat di Asia, ada Thailand dan Tiongkok," kata Goenawan seusai meninjau arena pertandingan di Lapangan Tenis Bukit Asam, Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang.

Tim Tenis Indonesia akan diperkuat oleh peringkat pertama nasional Christopher Rungkat (ATP 579 ), David Agung Susanto (1682), Aditya Hari Sasongko, dan Sunu Wahyu Trijati.

Menurut Goenawan keempat petenis ini semakin kompak setelah bergabung dalam pemusatan latihan di Jakarta beberapa waktu lalu, pasca Christopher dan David mengikuti turnamen terbuka di Hong Kong dan Sri Lanka.

Terkait kans Indonesia mengalahkan Tim Iran, petenis andalan Indonesia Christopher Rungkat mengatakan cukup terbuka karena Indonesia pernah mengalahkan dengan skor 3-2 pada babak pertama Grup II Asia Oseania 2011.

Ketika itu, di Shiroodi Sport Complex Teheran, Christopher Rungkat menyumbang seluruh angka kemenangan tim Merah Putih, dua dari partai tunggal dan satu angka dari sektor ganda bersama Sunu Wahyu Trijati.

"Main di lapangan clay Teheran saja bisa menang, apalagi nanti bermain di hard court di Palembang nanti," kata Christo optimistis.

Jika berhasil mengatasi Iran, Christopher Rungkat dan kawan-kawan akan menghadapi pemenang partai antara Kuwait dan Pakistan, Juli mendatang. Sementara babak final dijadwalkan September 2015.

Pada musim lalu, Tim Piala Davis Indonesia harus menjalani relegation play-off agar dapat tetap bertahan di Grup II Zona Asia Oceania. Sedangkan Iran adalah tim promosi setelah tahun sebelumnya berhasil memenangi Group III zona Asia Oceania.

Pada pelaksanaan 2014 di Hong Kong, Indonesia mampu meraih kemenangan dengan 3-2 pada penyisihan grup, tapi kemudian kandas pada babak selanjutnya.

Piala Davis merupakan agenda organisasi tenis dunia (ITF/International Tennis Federation) yang menjadi kejuaraan tenis dunia khusus kategori putra dengan mempertandingkan lima nomor.