YLK Sumsel ajak masyarakat biasakan transaksi nontunai

id ylk sumsel, nontunai, transaksi nontunai, tanpa uang tunai, sosialisasikan, ajak amsyarakat gunakan transaksi nintunai, lindungi konsumen

YLK Sumsel ajak masyarakat biasakan transaksi nontunai

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen (YLK) Sumsel Hibzon Firdaus SH memberikan penjelasan mengenai prlindungan konsumen kepada petugas di bandara. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/13)

...Transaksi nontunai dinilai cukup efisien dan dapat melindungi masyarakat sebagai konsumen dari hal-hal yang dapat merugikan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Yayasan Lembaga Konsumen (YLK) Sumatera Selatan mengajak masyarakat provinsi setempat yang tersebar di 17 kabupaten dan kota mulai membiasakan diri melakukan transaksi nontunai atau tanpa menggunakan uang tunai seperti yang mulai dikenalkan Bank Indonesia akhir-akhir ini.

"Transaksi nontunai dinilai cukup efisien dan dapat melindungi masyarakat sebagai konsumen dari hal-hal yang dapat merugikan," kata Ketua YLK Sumatera Selatan, Hibzon Firdaus di Palembang, Selasa.

Menurut dia, berdasarkan pengaduan masyarakat dan pengamatan di lapangan, sering terjadi hal-hal yang dapat merugikan konsumen ketika melakukan transaksi tunai dengan penjual barang dan jasa di pasar tradisional atau pasar modern.

Hal-hal yang dapat merugikan masyarakat dalam melakukan transaksi tunai seperti penjual tidak memiliki uang pecahan nominal kecil Rp100-Rp1000 untuk kembalian, konsumen diberikan permen sebagai pengganti uang kembalian tersebut.

Selain itu juga ada penjual yang menggunakan motif meminta konsumen mengikhlaskan uang kembaliannya disumbangkan kepada panti asuhan atau lembaga sosial tertentu lainnya.

Dengan adanya "Gerakan Nasional Non Tunai -GNNT" yang mulai digalakkan Bank Indonesia, praktik merugikan konsumen yang dilakukan penjual barang dan jasa selama ini bisa dihilangkan karena dalam setiap bertransaksi tidak bersentuhan dengan uang tunai, katanya.

Dia menjelaskan, dalam rangka mewujudkan sistem pembayaran yang efisien, aman dan andal dengan tetap menjunjung tinggi aspek perlindungan konsumen, memperhatikan perluasan akses dan kepentingan nasional, YLK Sumsel akan mendorong masyarakat beralih dari penggunaan instrumen tunai ke nontunai dalam aktivitas ekonominya.

Melihat nilai positif dan tujuan GNNT meningkatkan kesadaran masyarakat, pelaku bisnis dan lembaga-lembaga pemerintah untuk menggunakan sarana pembayaran nontunai dalam melakukan transaksi keuangan, pihaknya akan membantu mensosialisasikan gerakan tersebut kepada masyarakat.

Dengan gencarnya disosialisasikan gerakan tersebut dan didukung sarana prasarana yang memadai secara bertahap di wilayah provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa ini akan terbentuk kelompok masyarakat yang terbiasa menggunakan instrumen nontunai (Less Cash Society/LCS) dalam melakukan transaksi atas kegiatan ekonominya, ujar Hibzon.