Pengiriman mobil melalui pelabuhan Palembang semakin diminati

id pelindo, pelabuhan boom baru, boom baru

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pengiriman mobil provit dari Jakarta melalui Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan yang telah berlangsung sejak Agustus 2013 makin diminati pedagang mobil di kota setempat.

Salah seorang pedagang mobil Rudi di Palembang, Jumat menjelaskan, pelayanan jasa bongkar muat mobil provit yang dikembangkan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Palembang dirasakan cukup efisien sehingga akhir-akhir ini semakin diminati.

"Beberapa teman yang selama ini bertahan menggunakan jasa angkutan darat untuk mengambil mobil pesanan konsumennya, kini sebagian besar mulai mengikuti atau beralih memanfaatkan jasa angkutan laut," ujarnya.

Menurut dia, secara bertahap pengiriman mobil pesanan pelanggan melalui jalur darat dengan cara dijalankan atau diangkut dengan kendaraan truk khusus dari Jakarta mulai ditinggalkan.

Proses pengiriman melalui jalur darat itu selain biayanya lebih mahal dibanding melalui jalur laut, juga pengiriman tidak bisa dilakukan dalam jumlah banyak sekaligus karena terbatas tenaga pengantar.

Dengan memanfaatkan jasa angkutan laut yang melayani pengiriman mobil provit minimal satu kali dalam sebulan itu, permintaan kendaraan roda empat jenis sedan, minibus, dan kendaraan niaga dapat dipenuhi dengan cepat, katanya.

Sebelumnya Advisor Humas, Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PT Pelindo II Cabang Palembang, Fransiska mengatakan, pelayanan jasa bongkar muat mobil provit yang dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir, cukup diminati pedagang mobil di daerah ini.

"Pelayanan jasa bongkar muat kendaraan roda empat itu cukup diminati, setiap bulannya sekitar 400 unit mobil provit berbagai jenis dan merek dikirim dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Boom Baru menggunakan kapal jenis roro," ujarnya

Kegiatan bongkar muat mobil provit tersebut merupakan pengembangan pelayanan jasa kepelabuhanan di Pelabuhan Boom Baru Palembang yang selama ini hanya melayani bongkar muat barang kargo, kontainer atau peti kemas, serta barang lain nonkendaraan.

Pelayanan jasa bongkar muat mobil provit tersebut diharapkan dapat berjalan dengan baik sehingga bisa semakin diminati pedagang mobil, dan berkembang dengan pelayanan bongkar muat barang lainnya seperti sepeda motor provit yang hingga kini masih menggunakan jalur darat dengan kendaraan truk khusus, ujarnya.