Pemilih pemula Pilkada OKU 17.342 orang

id pilkada, pilkada oku

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan mendata jumlah penduduk setempat yang berpotensi sebagai pemilih pemula pada pemilihan kepala daerah mendatang tercatat sebanyak 17.342 orang.

"Dengan jumlah yang terdata tersebut kami siap menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) mendatang," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Ogan Komering Ulu (OKU), Drs Achmad Junaidi di Baturaja, Senin.

Menurutnya, data kependudukan di Kabupaten OKU tidak ada masalah dan siap untuk dijadikan acuan sebagai dasar penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Bahkan, jika Pilkada dilaksanakan pada Desember 2015, pihaknya telah mendata terdapat sebanyak 17.342 penduduk OKU yang berpotensi sebagai penduduk potensial pemilih pemula.

"Berdasarkan database kepandudukan per semester II tahun 2014, jumlah penduduk Kabupaten OKU sebanyak 351.626 jiwa. Data itu termasuk jumlah penduduk potensial pemilu mendatang yang berusia 16-18 tahun sebanyak 17.342 jiwa," katanya.

Dikatakannya, untuk membantu tahapan Pilkada yang dilaksanakan Oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU terutama terkait data kependudukan guna menentukan daftar pemilih tetap (DPT), pihaknya sudah menyiapkan bahan rekomendasi jumlah penduduk OKU untuk dijadikan acuan KPU dalam menentukan daftar pemilih sementara (DPS) dan DPT.

"Secara prinsip kami siap membantu KPU, namun sejauh ini belum ada koordinasi dari pihak KPU terkait data kependudukan," tegasnya.

Mengenai adanya Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang bermasalah, ia menegaskan tidak ada permasalahan NIK seperti Pilkada Gubernur tahun 2013.

"Saya pastikan tidak ada permasalahan terkait data kependudukan kami. Apalagi adanya NIK yang bermasalah, karena NIK bermasalah sudah dilakukan perbaikan, dan saat ini tidak ada laporan adanya NIK bermasalah," katanya.