Dekopin Sumsel dorong koperasi kembangkan kegiatan usaha

id dekopin sumsel, dorong pengembangan usaha koperasi, koperasi

Dekopin Sumsel dorong koperasi kembangkan kegiatan usaha

Koperasi Indonesia (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

...Koperasi akan terus didorong mengembangkan kegiatan usaha ekonomi kerakyatan sehingga mampu bersaing dengan lembaga ekonomi lainnya dan siap menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN akhir 2015...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Sumatera Selatan mendorong koperasi di provinsi setempat mengembangkan kegiatan usaha agar bisa eksis di tengah persaingan bisnis yang saat ini semakin ketat.

"Koperasi akan terus didorong mengembangkan kegiatan usaha ekonomi kerakyatan sehingga mampu bersaing dengan lembaga ekonomi lainnya dan siap menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN akhir 2015," kata Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Sumatera Selatan, Munadjiah di Palembang, Kamis.

Menurut dia, koperasi berperan mendukung ekonomi kerakyatan sehingga perlu didorong agar tumbuh dan berkembang dengan baik.

Untuk terus mendorong koperasi di daerah ini agar tumbuh dan berkembang dengan baik, pihaknya akan membantu pengurus koperasi melakukan pembenahan manajemen sehingga apa yang menjadi pusat pelayanan dapat dimanajerial secara seksama agar dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada anggota, katanya.

Dia menjelaskan, selama ini sebagian besar koperasi yang tersebar di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat menjalankan usaha unit simpan pinjam, dan warung serba ada (waserda).

Koperasi sebagai lembaga ekonomi yang memiliki badan hukum yang jelas dapat mengembangkan berbagai kegiatan usaha seperti yang dilakukan perusahaan swasta, misalnya menjadi pengembang perumahan, penyedia jasa transportasi, menjual tanah kavlingan, pulsa elektronik telepon selular, listrik prabayar dan pelayanan jasa pembayaran tagihan rekening listrik, serta kegiatan usaha lainnya.

Melalui pengembangan berbagai bidang usaha yang memiliki prospek bisnis yang baik dan menjanjikan keuntungan cukup besar, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan koperasi dan kesejahteraan anggota lembaga ekonomi kerakyatan itu, kata Munadjiah.