Pemkab Muratara desak bentuk sekretariat KPU

id kpu, sekretariat kpu

Pemkab Muratara desak bentuk sekretariat KPU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) (Antarasumsel.com/Grafis)

Musirawas Utara (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musirawas Utara, Sumatera Selatan, mendesak Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Musirawas untuk membentuk sektariat di wilayah itu dan menyeleksi komisionernya.

Pembentukan sektariat dan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musirawas Utara (Muratara) itu harus terbentuk April 2015 karena akan melakukan tahapan Pilkada bupati pertama, kata Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Muratara Ahmad Tofan, Sabtu.

"Pembentukan Sekretariat KPu itu sangat diperlukan dan berkas persyaratannya sudah diproses KemenPAN untuk pengesahan," tandasnya.

Setelah Sekretariat KPU Muratara dibentuk, tinggal menunggu petunjuk dari KPU pusat dan KPU Provinsi Sumsel untuk menyurati seluruh Organisasi pemuda supaya membentuk Tim Seleksi (Timsel).

Kalau belum ada sekretariat maka proses tahapan pemilihan bupati Muratara 2015 akan terlambat dan tidak mungkin dilakukan di kabupaten induk KPU Musirawas, ujarnya.

Eksponen HMI Kabupaten Muratara Andika mengatakan desakan itu juga didukung sejumlah pemuda dan Organisasi Masyarakat (Ormas) yang tergabung dalam GPI, PGK agar pemerintah daerah dan DPRD secepatnya membentuk Sekretariat KPU.

Ia mengatakan keberadaan sektariat dan koisioner KPu di Muratara sangat diperlukan mengingat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan dilaksanakan akhir 2015.

"Kita sebagai pemuda tentu sangat berharap dan ikut antusias positif memberikan kontribusi kepada Kabupaten pemekaran tersebut, apa lagi sudah bermunculan calon Bupati dan Wakil Bupati," jelasnya.

Ketua KPU Musirawas Achmad Zien mengatakan pembentukan sektariat KPu di Muratara itu masih dalam proses dan harus ada untuk memperlancar Pilkada bupati 2015.

"Kami sedang berjuang agar permintaan pemerintah daerah dan unsur pemuda Muratara itu cepat terwujud, sehingga pelaksanaan pilkada akhir 2015 berjalan lancar," ujarnya.