Produksi ikan Muba masih tergantung alam

id muba, produksi ikan, ikan, tergantung alam perlu budi daya, budi daya ikan, pengembang biakan ikan, potensi perkanan perlu dkembangkan

Produksi ikan Muba masih tergantung alam

Aktivitas pedagang ikan di pasar tradisional. (Foto Antarasumsel.com/13/Yudi Abdullah)

...Pasokan ikan di pasaran terkadang pada musim atau kondisi tertentu berlimpah dan sering juga terjadi kelangkaan yang dapat mengakibatkan harganya melambung dan tidak bisa memenuhi permintaan pasar secara stabil...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Dinas Perikanan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan menyatakan, produksi ikan di daerah ini sebagian besar masih tergantung dari alam sehingga pasokannya di pasaran tidak bisa dipastikan jumlahnya.

"Pasokan ikan di pasaran terkadang pada musim atau kondisi tertentu berlimpah dan sering juga terjadi kelangkaan yang dapat mengakibatkan harganya melambung dan tidak bisa memenuhi permintaan pasar secara stabil," kata Kepala Dinas Perikanan Musi Banyuasin Ahmad Mukohir, di Sekayu, Selasa.

Dia menjelaskan, melihat kondisi tersebut, pihaknya berupaya mendorong masyarakat setempat untuk melakukan pengelolaan potensi perikanan yang cukup besar tanpa mengandalkan kondisi alam sehingga produksinya bisa stabil dan tersedia sepanjang tahun.

Untuk mengelola potensi perikanan agar tidak tergantung dengan alam, masyarakat didorong untuk melakukan kegiatan budidaya dan bagi yang telah melakukan kegiatan tersebut akan didorong mengembangkan wilayah budidaya baru.

Selain itu, pihaknya juga berupaya mengoptimalkan balai benih ikan, menumbuhkan unit pembenihan rakyat, serta mengembangkan pembuatan pakan alternatif, katanya.

Menurut dia, Kabupaten Muba memiliki beragam ikan yang dapat dikembangkan biakan, baik ikan sungai atau ikan air tawar maupun ikan air payau.

Semua jenis ikan yang ada di kabupaten ini dapat dikembangkan biakan, seperi ikan nila, patin, baung, lais, gurame, betutu, ikan tembakang, dan juga terdapat beberapa jenis udang yang memiliki nilai jual yang tinggi," ujarnya.

Dengan pengelolaan potensi perikanan tersebut tanpa mengandalkan alam, produksi ikan daerah ini bisa meningkat dan tersedia secara terus menerus.

Produksi ikan yang dapat dipastikan berlanjut tanpa tergantung alam atau musim, bisa menjamin ikan selalu tersedia di pasaran dalam jumlah sesuai kebutuhan masyarakat dan harganya stabil, serta dapat dijadikan komoditas andalan baru selain hasil perkebunan dan pertambangan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, kata dia pula.