Sumsel Jajaki peluang Pulau Maspari kawasan konservasi

id pulau maspari, akan dijadikan kawasan konservasi, pulau, wisata

Sumsel Jajaki peluang Pulau Maspari kawasan konservasi

Ilustrasi (Ist)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjajaki potensi di Pulau Maspari, Tulung Selapan, Ogan Komering Ilir, sebagai kawasan konservasi penyu serta balai benih udang.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Dinas Kelautan dan Perikanan Galamda Israk di Palembang, Sabtu, mengatakan pemerintah tertarik untuk mengembangkan pulau yang berdekatan dengan Provinsi Bangka Belitung itu karena sejak lama menjadi kawasan tambak udang dan menjadi tempat hidup ribuan penyu.

"Dalam waktu dekat akan ada tim yang akan ditempatkan di Pulau Maspari untuk menginvestarisasi apa saja kebutuhan untuk merealisasikan rencana ini," kata dia.

Ia mengatakan, pemerintah membutuhkan data akurat sebelum memutuskan untuk mengembangkan pulau ini mengingat keterbatasan dana APBD.

"Semisal, harus ditempatkan petugas di sana, apakah mungkin? Berapa biayanya? Ini harus dihitung semua supaya dapat angka pastinya. Pada akhirnya, meski berpotensi jika biayanya besar sekali tentunya akan sulit terealisasi," kata dia.

Tak menjajaki potensi perikanan, pemerintah juga menjajaki peluang menjadi kawasan pariwisata di pulau yang membutuhkan waktu enam jam dari Palembang melalui kapal cepat ini.

Pulau paling timur Sumatera Selatan ini memiliki keindahan alam yang sangat alami seperti terdapatnya batu karang besar, pasir putih, serta air laut yang jernih.

Untuk menggapai pulau ini juga relatif mudah karena dapat ditempuh dengan perjalanan darat sejauh 70 km dengan waktu kurang lebih tiga jam dari Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Kemudian, setelah perjalanan darat itu dilanjutkan dengan menaiki kapal cepat dengan waktu kurang lebih 15 menit dari Dermaga Selapan.