Sumsel siap jadi pusat pembinaan lima cabang olahraga

id koni, koni sumsel

Sumsel siap jadi pusat pembinaan lima cabang olahraga

Komite Olahraga Nasional Indonesia. (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan siap menjadi pusat pembinaan lima cabang olahraga dengan memfasilitasi berbagai kebutuhan atlet nasional dalam berlatih untuk turun pada kejuaraan `single event` atau multi cabang olahraga.

Anggota Bidang Hubungan Masyarakat KONI Provinsi Sumatera Selatan Darmansah yang dihubungi dari Palembang, Senin, mengatakan, keseriusan Sumsel dalam membina atlet nasional itu dinyatakan dalam rapat kordinasi terkait pemetaan cabang olahraga unggulan daerah bersama KONI Pusat, 30-31 Maret di Jakarta.

"Sumsel siap membina menembak, anggar, senam, atletik, dan ski air. Keinginan ini sangat realistis karena dari kelima cabang terdapat atlet Sumsel yang memperkuat tim nasional," kata dia.

Selain itu, ia menambahkan, Sumsel memiliki arena berkelas internasional untuk cabang olahraga menembak, atletik, senam, dan ski air.

Sementara untuk anggar telah direncanakan akan dibangun sebuah gedung khusus di Kompleks Olahraga Jakabaring untuk mewadahi khusus cabang olahraga bela diri.

"Jika benar ini terwujud, maka Sumsel akan dapat bonusnya yakni membina atlet sendiri karena mereka tidak perlu lagi bergabung di Jakarta karena mengikuti pemusatan latihan nasional. Sejatinya, semua sudah ada daerah sendiri," ujar dia.

Provinsi Sumsel sejak lama menawarkan diri sebagai pusat pembinaan atlet nasional pasca-tuan rumah SEA Games 2011.

Sejauh ini, peran Sumsel hanya sebatas penyelenggara ajang skala nasional dan internasional dan menjadi tempat uji coba sebelum atlet bertanding ke SEA Games, dan ajang multievent lainnya.

Namun, geliat aktif Sumsel pada pembinaan atlet nasional juga telah terlihat pada tahun ini dengan menjadi pusat pelatihan nasional tinju persiapan SEA Games.

Sejumlah atlet berlatih di Lahat untuk memanfaatkan udara khas pedesaan yang masih alami dan dukungan penuh pemerintah kabupaten setempat.

"Harapannya, untuk lima cabang olahraga ini benar-benar difokuskan di Palembang, seperti anggar yang atletnya banyak berasal dari Sumsel untuk memperkuat Tim SEA Games Singapura," kata dia.