Pemkot Palembang luncurkan Puskesmas tradisional

id puskesmas, puskesmas tradisional

Pemkot Palembang luncurkan Puskesmas tradisional

Layanan Puskesmas tradisional Palembang (Foto: antarasumsel.com/Evan Ervani)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang Sumatera Selatan meluncurkan program Puskesmas tradisional melalui penerapan pengobatan herbal tersebar di 14 titik kecamatan, dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat.

Program tersebut sebagai langkah pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui Puskesmas tradisional, kata Kepala Puskesmas Pakjo, Yuliarni di Palembang, Selasa.

Dijelaskannya, puskesmas tradisional tersebut pengobatannya melalui penerapan herbal, seperti akupuntur, pijit, sauna maupun obat-obatan berasal dari herbal.

Seperti di Puskesmas Kampus di kawasan Jalan Pom IX telah memiliki gedung pengobatan tersendiri dengan dilengkapi peralatan, ruang pijat, tempat sauna maupun akupuntur.

Sementara, tenaga medis adalah tenaga perawat Puskesmas yang diberikan pelatihan khusus guna memenuhi kebutuhan pengobatan herbal diterapkan di sini, sehingga dapat melayani masyarakat mulai dari anak usia di bawah lima tahun hingga orang dewasa.

Menurut dia, program tersebut diterapkan untuk membuktikan kalau dulunya puskesmas itu terkesan kumuh, namun sekarang sudah bisa memberikan pelayanan terbaik dengan sejumlah fasilitas pendukung ada ruangan ber ac, sehingga memberikan kesan positif bagi masyarakat.

Sementara, untuk pelayanan sendiri pihak pemerintah telah memberikan subsidi bagi masyarakat Palembang melakukan pengobatan melalui herbal di sini cukup menunjukkan KTP dan membayar Rp30 ribu sudah mendapatkan perawatan pengobatan herbal dan obat-obatan.