Legislator: anggaran pariwisata Sumsel perlu ditingkatkan

id dprd, dprd sumsel

Palembang (ANTARA Sumsel) - Anggota Komisi V DPRD Sumatera Selatan menilai anggaran pembangunan infrastruktur sektor pariwisata di daerah itu perlu ditingkatkan agar lebih baik guna menarik kunjungan wisatawan khususnya wisatawan mancanegara.

Anggota Komisi V DPRD Sumatera Selatan Erawan Abizar ketika ditanya mengenai perkembangan sektor kepariwisataan provinsi itu di Palembang, Selasa, menjelaskan, anggaran pariwisata Sumsel ke depan perlu ditingkatkan, karena sektor itu merupakan salah satu penyumbang pendapatan asli daerah (PAD).

Kemudian promosi pariwisata yang ada di daerah ini juga perlu ditingkatkan, karena banyak obyek wisata di Sumsel yang menarik untuk dikunjungi para wisatawan, katanya.

Ia mencontohkan, Danau Ranau di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan berjarak lebih kurang sekitar 220 kilometer dari Kota Palembang itu sangat menarik untuk dikunjungi dan memiliki potensi ikan, kemudian penghasil komoditas alpokat dan gula merah.

Memang jalan untuk menuju ke sana masih kecil dan ini perlu dilebarkan, karena biasanya angkutan mobil menuju kawasan pariwisata ini berbadan lebar, sementara tingkungan-tikungan tajam cukup banyak sehingga harus dipotong agar lebih mudah dilalui.

Jalan ke daerah itu jalan provinsi, karena itu perlu dukungan pemerintah daerah, ujar wakil rakyat tersebut.

Ia menuturkan, ke depan juga semestinya kegiatan festival Danau Ranau yang dilaksanakan dalam dua tahun sekali itu perlu dibantu dalam rangka promosi tempat wisata tersebut.

Jadi, tempat-tempat pariwisata yang menarik di Sumsel itu promosinya ditingkatkan sehingga lebih banyak yang berkunjung ke sana, jelasnya.

Ia menyatakan, potensi tempat pariwisata di Sumsel itu perlu digali dan dikembangkan. Para wisatawan yang berkunjung ke sini juga perlu dibuat senyaman mungkin sehingga mereka bisa lama tinggal di sini.

Sebelumnya Wakil Ketua Pansus V DPRD Sumsel, Holda menyarankan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait supaya tidak ada kendala dan hambatan.